Yogyakarta (ANTARA News) - Putri Indonesia 2010 Nadine Alexandra Dewi Ames menyatakan siap mewakili Indonesia di ajang `Miss Universe 2011` untuk mengenalkan Indonesia di dunia internasional.

"Saya siap mewakili Indonesia di ajang `Miss Universe 2011` untuk memperkenalkan Indonesia di dunia internasional," kata Putri Indonesia 2010 Nadine Alexandra Dewi Ames di Yogyakarta, Selasa.

Ia mengatakan memiliki target untuk memperkenalkan Indonesia di dunia internasional, karena ternyata Indonesia belum cukup dikenal di negara lain, seperti yang dialaminya selama ini.

"Selama saya di Inggris, banyak teman saya yang bertanya-tanya di manakah letak Indonesia. Hal tersebut dapat menjadi cermin bahwa Indonesia ternyata belum cukup dikenal di negara lain," katanya.

Menurut dia walaupun dirinya lama tinggal di luar negeri, tetapi ia tetap bangga menjadi Bangsa Indonesia sehingga merasa memiliki kewajiban untuk berkontribusi kepada Indonesia, terutama di bidang pariwisata.

"Saya memang tidak lancar berbahasa Indonesia, tetapi itu bukanlah alasan bagi saya untuk tidak mencintai Indonesia. Saya bangga menjadi orang Indonesia dan merasa mempunyai kewajiban untuk mengharumkan nama Indonesia di pentas internasional," katanya.

Nadine yang baru tiga tahun tinggal di Tanah Air tersebut mengatakan akan memperlancar kemampuannya berbahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa sehari-hari dan tidak lagi menggunakan Bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari.

"Meskipun pasti akan ada kontroversi seputar pengiriman saya ke ajang `Miss Universe`, tetapi menurut saya keikutsertaan wakil Indonesia di ajang tersebut akan lebih banyak mendatangkan sisi positif dibandingkan sisi negatifnya," katanya.

Penyelenggara `Miss Universe` menurutnya juga telah memberikan toleransi bagi negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama muslim dengan memperbolehkan wakilnya menggunakan busana renang satu potong, bukan busana renang dua potong seperti lazimnya dikenakan wakil dari negara lain.

"Jika Indonesia semakin dikenal di dunia internasional, tentunya semakin banyak pula wisatawan asing yang mau berkunjung ke negeri ini sehingga potensi pariwisata kita akan terangkat," katanya.
(ANT-158/H008/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010