Jakarta (ANTARA News) - PSSI akan melakukan evaluasi terhadap kinerja pelatih timnas sepak bola Indonesia, Alfred Riedl, karena selama masa kepelatihan dinilai belum menunjukkan perkembangan yang berarti.

"Selama empat bulan berjalan belum ada keunggulan yang layak untuk dibanggakan. Untuk itu harus dilakukan evaluasi," kata Ketua Umum PSSI Nurdin Halid di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, evaluasi dilakukan juga melibatkan Badan Tim Nasional (BTN). Selain evaluasi terhadap kepelatihan juga akan dilakukan terhadap menajemen timnas itu sendiri.

Sesuai dengan rencana, kata dia, proses evaluasi akan dilakukan akhir pekan ini. Hal itu dilakukan untuk proses untuk menyiapkan tim guna menghadapi kejuaraan Piala AFF bisa berjalan sesuai dengan rencana yang diharapkan.

"Juara AFF sudah pasti. Jika nantinya gagal maka pelatih harus diganti," katanya dengan tegas.

Ia menjelaskan, kepelatihan timnas di bawah pimpinan pria asal Austria itu juga dinilai belum ada progres yang menunjukkan peningkatan timnas, skill dari pemain serta kondisi fisik pemain.

Timnas dibawah asuhan Alfred Riedl telah beberapa kali melakukan pertandingan ujicoba baik dengan tim lokal maupun internaional. Selama melawan tim lokal Firman Utina dan kawan-kawan mampu memangkan pertandingan.

Untuk ujicoba internasional, timnas mengalami kekalahan telak 1-7 dari timnas Uruguay di Gelora Bung Karno Jakarta dan menang 3-0 atas timnas Maladewa di Stadion Siliwangi Bandung.

Sementara itu Ketua BTN Iman Arif mengatakan evaluasi terhadap memang akan dilakukan. Evaluasi sendiri merupakan hal biasa dan harus dilakukan untuk mengetahui kinerja selama melatih.

"Kontrak Riedl selama dua tahun hingga SEA Games 2012 nanti. Jadi selama perjalanannya harus dievaluasi," katanya.

Timnas Indonesia pada Piala AFF ditargetkan mampu menjadi juara, apalagi babak penyisihan juga dilakukan di Indonesia. Timnas Merah Putih satu grup dengan Thailand, Malaysia dan pemenang babak kualifikasi.(*)
(T.B016/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010