Jakarta, 15/10 (ANTARA) - Yayasan EL JOHN Indonesia kembali menggelar Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia (PPI) 2010 yang akan berlangsung di Jakarta International Event & Convention Centre (JITEC) pada 22 Oktober 2010. Acara pemilihan PPI 2010 dengan tagline Bring Indonesian Culture to The World dan sub tema Menabur Pesona Budaya Nusantara - menuai kekaguman dunia melalui Putri Pariwisata Indonesia" ini akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi ANTV sebagai official TV partner pukul 21.00 " 23.00 WIB.

Ketua Yayasan EL JOHN Indonesia DR. Johnnie Sugiarto mengatakan, sebanyak 35 finalis PPI 2010 memasuki masa karantina di Hotel Merlynn Jakarta sebagai official residence sejak 11 Oktober lalu. Para finalis ini mewakili 31 provinsi, di mana wakil dari provinsi Jambi dan Kaltim sampai batas waktu ditetapkan tidak hadir. "Mereka ini adalah putri-putri duta pariwisata di daerahnya, dimana telah dilakukan seleksi di masing-masing daerah tersebut," kata Johnnie.

Para finalis PPI mendapatkan kesempatan bertatap muka langsung dengan Menbudpar Ir. Jero Wacik, SE sekaligus mendapat arahan yang berguna sebagai penambah wawasan untuk bekal selama akan mengemban tugas mempromosikan kebudayaan dan pariwisata Indonesia baik di tingkat nasional maupun global di gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (13/10).

Dikatakan, ajang pemilihan PPI bukan sekedar ajang pemilihan putri biasa, karena ajang ini menuntut pesertanya untuk memiliki 3 aspek yang sangat penting dalam dunia pariwisata yakni smart, charming, and hospitable. Oleh karena itu, berbagai pembekalan dan gemblengan akan diberikan kepada para finalis selama di karantina mulai dari bidang kebudayaan dan kepariwisataan, etika dan kepribadian, etika keprotokolan negara, beauty tips, public relations, komunikasi, bahasa Inggris, ilmu marketing, dan promosi hingga sessi psychologi.

Selama lebih dari sepekan berbagai penilaian di karantina akan berlangsung hingga malam penobatan nanti. Dewan Juri yang diketuai DR. Sapta Nirwandar (Dirjen Pemasaran Kemenudpar), dan anggota Pritta Kemal Gani, MBA, MICPR, APR (Direktur & Founder The London School of Public Relations), Mien R. Uno (President Director Duta Bangsa), Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni, SH, M.Si (Walikota Jakarta Pusat), Prof. Dr. M. Yuwana Marjuka (Guru Besar Ekonomi Industri Jasa dan Pariwisata ), Drs. EC Hermawan Kertajaya, MSc. FCIM (UK) (CEO Markplus Inc), Sugimartono (Beauty Consultant, Owner of Sugi Salon) akan melakukan penyeleksian atas dasar penilaian secara ketat yang didasarkan atas tiga hal utama yakni smart, charming dan hospitable.

Pemenang PPI 2010 nantinya akan dikirim untuk mengikuti ajang Miss Tourism International. Oleh karena itu, Menbubpar Jero Wacik mengharapkan agar Putri terpilih nantinya benar-benar harus mampu Menabur Pesona Budaya Nusantara untuk mempromosikan pariwisata dan meningkatkan citra Indonesia di dunia internasional, yang pada akhirnya dapat menarik kunjungan wisatawan mancanegara.

Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Ka.Pusformas Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata

Pewarta:
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010