Jakarta (ANTARA News) - PT Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI) sebagai salah satu peserta kegiatan ini, tampil mempresentasikan sebuah penelitian ilmiah bertajuk "Green Algae Extract 40 Persen(Chlorella Growth Factor/CGF 40%) in Hastening Recovery from Dengue Hemorhagic Fever" yang dibawakan oleh dr Adi Teruna, SpPD peneliti utama dari RS Karya Bhakti, Bogor, Jawa Barat.

Keterangan tertulis dari PT CNI yang diterima di Jakarta, Jumat, menyebutkan presentasi itu disampiakan pada "International Conference, Exhibition and Short Course On Nutraceuticals & Functional Food" yang diadakan di Denpasar Bali pada 11-15 Oktober 2010 dan Indonesia bertindak sebaga tuan rumah.

Suatu hal yang sangat membanggakan mengingat acara yang diprakarsai The International Society for Nutraceuticals and Functional Foods (ISNFF) ini merupakan ajang pertemuan bagi para scientists, praktisi pangan, pemerhati dan praktisi health care dan instansi pemerintah, mahasiswa dan peserta lain yang bergerak di bidang functional food, nutraceuticals, suplemen kesehatan dan produk kesehatan tradisional tidak hanya dari Indonesia, tapi juga dari seluruh dunia.

Dr Adi yang tampil pada sesi "Seaweed as a Source of Nutraceutical, and Functional Food Ingredients" pada Rabu (13/10) bersama empat orang peneliti lainnya mengemukakan, semua penelitian yang akan dipresentasikan telah melalui proses penyeleksian berstandar internasional oleh tim penilai dari ISNFF.

Hasil penelitian tim dokter RS Karya Bhakti, Bogor, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Cabang Bogor dan Fakultas Ekologi Manusia IPB (FEMA IPB) yang berjudul "Peran Chlorella Growth Factor (CGF 40) dalam Mempercepat Penyembuhan Dengue Hemorhagic Fever (DHF)" yang didukung sepenuhnya oleh PT CNI telah dinyatakan layak dipresentasikan.

Hasil penelitian tersebut sebelumnya telah dipaparkan pertama kali di hadapan 400 orang dokter dan tenaga medis di seluruh Jakarta dan Bogor di CNI Creative Center (C3) Building, Jakarta, tanggal 23 Januari 2010 lalu. Sedangkan di Bali, diadakan di hadapan para dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bali pada bulan Juni 2010.

Hasil penelitian ini sangat bermanfaat mengingat hingga saat ini Dengue Hemorhagic Fever (DHF) atau yang dikenal dengan Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjadi salah satu momok yang sangat menakutkan di Indonesia dan negara-negara lainnya karena kerap memakan korban jiwa.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim dokter ini selama semester kedua 2009, terbukti bahwa Chlorella Growth Factor (CGF) mengandung komponen gizi yang lengkap sehingga secara alami mampu mengoptimalkan pertumbuhan sel, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mempercepat penyembuhan luka.

Dari hasil pengujian klinis secara langsung terhadap 84 penderita DBD di Bogor, CGF terbukti dapat mempercepat proses penyembuhan, khususnya dalam meningkatkan jumlah trombosit. Selain itu, pemberian CGF terbukti pula memperpendek masa opname bagi pasien DBD yang dirawat di rumah sakit, demikian dr Adi Teruna, SpPD.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010