Washington (ANTARA News) - Penjualan komputer tablet seperti iPad Apple diperkirakan melambung dari hampir 20 juta unit tahun ini menjadi 55 juta unit tahun depan dan lebih dari 208 juta unit pada 2014, perusahaan riset pasar Gartner mengatakan Jumat.

Gartner mengatakan, Amerika Utara akan mencapai 61 persen dari penjualan komputer tablet tahun ini, namun pangsanya akan turun menjadi 43 persen pada 2014.

Gartner meramalkan penjualan komputer tablet di seluruh dunia mencapai 19,5 juta unit pada 2010, 54,8 juta unit pada 2011 dan lebih dari 208 juta unit pada 2014.

Apple mulai menjual iPad pada April dan sejumlah perusahaan lain mengumumkan rencananya untuk mulai memproduksi perangkat multi-media, yang dapat digunakan untuk berselancar di Web, membaca buku elektronik, menonton video dan banyak lagi.

Gartner mengatakan, ledakan di komputer tablet akan berdampak pada penjualan perangkat di segmen lain termasuk komputer netbook, laptop kecil yang juga dikenal sebagai mini-notebook.

"Sifat all-in-one tablet media akan menghasilkan kanibalisasi konsumen perangkat elektronik lainnya seperti e-readers, perangkat game dan media player," kata wakil presiden penelitian Gartner, Carolina Milanesi.

"Mini notebook akan menderita dari ancaman kuat kanibalisasi karena rata-rata harga jual media tablet turun di bawah 300 dolar selama dua tahun berikutnya," kata Milanesi.
(A026/A011)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010