Magelang (ANTARA News) - Beberapa jalur evakuasi di sekitar Gunung Merapi wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, perlu diperbaiki karena kondisinya memprihatinkan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang Ismu Kuswandari di Magelang Sabtu mengatakan, beberapa jalur evakuasi perlu diperbaiki karena banyak jalan yang berlubang.

Ia mengatakan hal tersebut, usai meninjau sejumlah jalur evakuasi dan memantau perkembangan aktivitas Gunung Merapi di Pos Pengamatan Babatan.

Ismu menyebutkan, jalur evakuasi yang mengalami kerusakan, antara lain di jalan antara Mangunsuko-Krinjing sepanjang tiga kilometer, dan jalan Keningar-Sumber sepanjang lima hingga enam kilometer.

"Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum. Paling tidak dilakukan penutupan lubang-lubang jalan yang agak dalam, sehingga nanti jika sewaktu-waktu digunakan untuk evakuasi bisa berjalan lancar," tuturnya.

Menurut dia, tersebut bisa digunakan untuk evakuasi, karena memang disiapkan untuk evakuasi, tetapi permasalahannya sekarang jalan rusak maka harus diperbaiki agar tidak menggangu proses evakuasi.

Ia menyatakan, tidak tahu pasti kapan jalan tersebut akan diperbaiki, namun Dinas Pekerjaan Umum segera menindaklanjutinya.

Selain beberapa jalur evakuasi rusak, terdapat jalan sepanjang dua kilometer masih berupa jalan tanah, yakni di daerah Bojong, Ngargomulyo.

"Masih ada jalur evakuasi berupa jalan tanah sepanjang dua kilometer di Bojong, seyogyanya dibuat pengerasan utuk evakuasi," ujarnya menjelaskan

Menurut dia, dalam waktu dekat, pada tahap awal jalan tersebut cukup dilakukan pengerasan, kalau mau langsung diaspal harus melalui proses panjang.

(H018/C004/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010