Phillip Island, Australia (ANTARA News) - Pembalap tuan rumah Casey Stoner kembali menguasai sirkuit Phillip Island ketika menempati posisi start terdepan (pole position) pada babak kualifikasi MotoGP Australia, Sabtu.

Bagi pembalap yang membela Tim Ducati itu, inilah start posisi terdepan ketiga kalinya secara beruntun di lomba yang berlangsung di hadapan pendukung sendiri.

Stoner juga berambisi untuk merebut gelar juara MotoGP Australia untuk keempat kalinya secara beruntun.

Pada babak kualifikasi tersebut, Stoner mencatat waktu tercepat, yaitu satu menit 30,107 detik, lebih cepat 0,668 detik dari Jorge Lorenzo, pembalap Spanyol yang sudah memastikan diri sebagai juara dunia 2010.

Stoner, yang merayakan hari ulang tahunnya dengan meraih start terdepan untuk ke-25 kali sepanjang karirnya, memperlihatkan rekor yang fantastis bila berlomba di Phillip Island dengan merebut gelar juara tiga kali secara beruntun.

Stoner juga mengincar gelar juara untuk ketiga kalinya pada musim lomba tahun ini setelah secara beruntun tampil sebagai juara di Aragon dan Motegi.

Start urutan ketiga ditempati oleh pembalap AS Ben Spies yang terpaut 1,279 detik dibelakang Stoner.

Pembalap Italia Marco Simoncelli berada di urutan keempat. Sementara itu juara dunia tujuh kali Valentino Rossi mencatat waktu tercepat kedelapan.

Lorenzo, yang memastikan gelar juara dunia 2010 setelah menempati peringkat ketiga MotoGP Malaysia minggu lalu di Sepang, harus mengakui keunggulan Stoner dalam persaingan meraih start terdepan.

"Saya memang menginginkan posisi start terdepan, tapi cuaca dan Casey menghentikan saya. Ia memang sangat cepat disini," kata Lorenzo mengakui keunggulan Stoner.

"Kondisi sangat berisiko karena suhu sangat dingin dan juga berangin. Jadi sangat susah untuk bertahan diatas kendaraan. Saya berharap cuaca besok lebih baik dan tidak hujan. Saya sudah siap menghadapi lomba dan saya hanya ingin menikmatinya saja," katanya.

Sementara itu Valentino Rossi yang pernah tidak terkalahkan di Phillip Island selama lima tahun antara 2001 sampai 2005, harus bekerja keras untuk meraih gelar juara untuk ke-80 kali sepanjang karirnya.

"Saya memang tidak beruntung hari ini karena dengan menggunakan ban yang lebih lembut, saya pikir saya bisa lebih baik," kata Rossi.

Dalam klasemen umum sementara dan lomba tahun ini yang hanya menyisakan tiga lomba lagi, Rossi berada di peringkat ketiga setelah Jorge Lorenzo dan pembalap Spanyol lainnya Dani Pedrosa, sementara Stoner menempati urutan keempat.

AFP/A032/a032

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010