Yogyakarta (ANTARA News) - Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta perlu membangun dan memperkuat jaringan untuk membuka peluang kerja dan memudahkan pengembangan karir.

"Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) jangan membatasi pergaulan hanya dengan teman-teman sesama jurusan maupun fakultas," kata pengurus Keluarga Alumni Universitas Muhammmadiyah Yogyakarta (KAUMY) Siti Syamsiatun di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, alumni UMY juga perlu bergaul dengan teman-teman yang berbeda jurusan dan fakultas karena karir akan terbuka ketika seseorang membangun jaringan dengan banyak orang atau teman.

"Dengan kata lain, membangun jaringan atau silaturahmi merupakan salah satu hal yang dapat menentukan karir seseorang," katanya.

Ia mengatakan, alumni hendaknya juga bersinergi mengembangkan kebajikan baik sosial, alam maupun kemanusiaan. Jika hal tersebut digali terus, maka usaha itu akan menjadi modal dasar untuk mengembangkan karir.

Selain itu, juga perlu mengembangkan bahasa asing. Dengan menggunakan bahasa asing baik bahasa Inggris, Arab maupun yang lainnya akan membuka pintu pergaulan di dunia internasional dan akan menambah jaringan yang dimiliki oleh seseorang.

"Alumni juga harus selalu melakukan inovasi dan menciptakan hal-hal yang baru saat berada di tengah masyarakat," katanya.

Menurut dia, anggapan bahwa perguruan tinggi swasta (PTS) merupakan kelas kedua berangsur-angsur terhapus melihat kondisi saat ini.

"Saat ini alumni PTS juga memiliki banyak kemampuan baik akademis maupun keterampilan untuk bersaing dengan lulusan perguruan tinggi negeri (PTN)," katanya.(*)

(L.B015*H008/M008/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010