kegiatan vaksinasi akan membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif serta memastikan kembali geliat ekonomi dengan terbukanya kembali lapangan kerja
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif serta masyarakat di sentra vaksinasi COVID-19 di MNC Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

"Ini adalah langkah kita untuk mengejar persentase vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif," Sandiaga dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Sentra vaksinasi itu merupakan hasil kolaborasi antara Kemenparekraf dengan MNC Peduli serta industri yakni Traveloka, Doktora Clinic, Traveloka, Mister Aladin, dan GBI Glow Fellowship Center, serta Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Kegiatan vaksinasi dosis pertama itu menargetkan 6.000 orang yang berlangsung sejak 23 hingga 27 Juli 2021. Selain di MNC Kebon Jeruk, sentra vaksinasi serupa juga berlangsung di MNC Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Sandiaga menyampaikan terima kasih atas dukungan banyak pihak dalam membantu upaya pemerintah melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 terkhusus bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menurutnya, kegiatan vaksinasi akan membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif serta memastikan kembali geliat ekonomi dengan terbukanya kembali lapangan kerja.

Vaksinasi COVID-19 menjadi salah satu program utama yang dijalankan Kemenparekraf dalam beberapa waktu terakhir yang berkolaborasi dengan industri. Hasilnya, jumlah pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang telah tervaksinasi bergerak di atas 5 persen.

Kemenparekraf menargetkan tingkat vaksinasi sebesar 95 persen dari 34 juta masyarakat yang bergantung pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sandiaga mengajak keterlibatan lebih banyak lagi pihak-pihak, baik industri maupun tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, influencer, juga pemerintah daerah untuk aktif menyosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk vaksin.

Selain itu, ia juga mengajak berbagai pihak untuk dapat bersama-sama memastikan pemenuhan aspek sosial dan kemanusiaan bagi masyarakat yang terdampak dengan memberikan bantuan sosial.

"Bersama KAHMIPreneur kita ada beberapa program yang diluncurkan yaitu bantuan beasiswa bagi siswa-siswa yang terdampak, terutama pedagang kecil yang bergerak di sektor ekonomi kreatif dan juga bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan, kita buka call center," ujar Sandiaga.

Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan III DKI Jakarta Kamrussamad mengapresiasi kolaborasi antara Kemenparekraf menggelar kegiatan vaksinasi dalam mendukung gamechanger upaya menekan penyebaran COVID-19.

"Kolaborasi hari ini sangat berarti untuk menyelamatkan generasi muda Indonesia. Kami bersyukur ada pengusaha-pengusaha yang mencintai negeri ini yang mau proaktif untuk mengambil peran menyelamatkan generasi muda Indonesia," ucap Kamrussamad.
Baca juga: Sandiaga Uno dorong mahasiswa jadi agen kebangkitan ekonomi kreatif
Baca juga: Kemenparekraf gandeng PHRI buat sentra vaksinasi di Garut

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021