Berlin (ANTARA News/AFP) - Mainz mengalami kekalahan pertama musim ini ketika kandas 0-1 di kandang lawan Hamburg Sabtu sedangkan Mario Gomez mencetak tiga gol untuk memenangkan Bayern Munich.

Mainz dan Hamburg saling mengancam gawang lawan dan Hamburg sempat mencetak gol tetapi dianulir, sebelum Paolo Guerrero memberi angka kemenangan untuk Hamburg pada menit ke-89.

Mainz kehilangan peluang untuk memenangi laga kedelapan kalinya musim ini, yang seharusnya akan melewati rekor Bayern pada 1995-96 dan Kaiserslautern pada 2001-02.

"Kami bermain agak kasar dan kehilangan beberapa bola indah ketika melakukan serangan, sehingga memberi kesempatan pada mereka untuk melakukan serangan balasan. Pada babak kedua kelihatan kami kurang bermain kompak secara tim," kata pelatih Mainz Thomas Tuchel.

"Bila kami bermain sabar, kami dapat memanfaatkan peluang kami. Kami akan menganalisis hal ini, mengapa permainan kami tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Tetapi secara keseluruhan kami sudah melakukan hal yang baik," kata Tuckel.

"Kami banyak melakukan tembakan tetapi tidak ada yang masuk. Kami harus melupakan hal ini dan memandang ke masa depan," kata pemain tengah Mainz, Lewis Holtby.

Kekalahan itu membuat Mainz mengantongi 21 poin dan berada di urutan kedua setelah Borussia Dortmund, yang memiliki selisih gol lebih baik 14 dan 10.

Kemenangan berurutan kedua Hamburg membuat tim itu berada di urutan ketiga dengan 14 poin dan membuat tim dari kawasan utara itu berpeluang naik lebih ke atas.

"Tiga poin (dua minggu lalu) di Kaiserslautern amat penting. Sekarang kami merasa percaya diri dengan kemenangan lainnya," kata pemain Hamburg Ze Roberto.

Dortmund di posisi puncak setelah kemenangan 2-1 Jumat di Cologne hasil gebrakan Nuri Sahin yang memberi kepastian kemenangan timnya pada detik akhir permainan.

Kemenangan itu - yang mengkhawatirkan setelah Lukas Podolski menyamakan kedudukan pada menit ke-82 setelah sebelumnya Jakub Blaszczykowski mencetak gol pada menit ke-20 - merupakan keberhasilan Dortmund ketujuh untuk mendapatkan 21 poin.

"Amat menakjubkan melihat betapa agresifnya para pemain. Seperti baru bangkit dari istirahat panjang," kata pelatih Dotmund, Juergen Klopp.

Di Munich, Gomez menjadi pemain target bagi Bayern Munich setelah membuka gol pada menit ke-21 - merupakan golnya yang pertama dalam 13 laga kompetisi Bundesliga sejak Pebruari lalu.

Gomez menggandakan golnya pada menit ke-77 dan akhirnya mencetak hatrik pada menit ke-90 sehingga Bayern mengalahkan Hanover 3-0, mengakhiri dua kekalahan beruntun mereka dan menyimpan 11 poin untuk berada di urutan kesembilan.

Pelatih Bayern Louis van Gaal menjalani pertandingan itu dengan amat memprihatinkan dengan cedera yang menimpa kapten Mark van Bommel serta Franck Ribery, Miroslav Klose, Ivica Olic dan Daniel van Buyten sedangkan Bastian Schweinsteiger mengawali pertandingan dari bangku cadangan.

Gomez yang belakangan ini selalu mendapat kritikan, setelah pertandingan mengatakan, "Perasaan saya amat tenang. Saya tidak menyangka akan melakukan hal seperti ini. Saya hanya merupakan bagian dari permainan hari ini dan rasanya amat sulit," katanya.

Di bagian bawah klasemen, Schalke 04 bermain imbang 2-2 di kandang atas VfB Stuttgart - hasil yang tidak membawa manfaat untuk mengangkat posisi kedua klub.

Schalke memiliki lima untuk berada di urutan 16 dan Stuttgart di tangga terbawah dengan empat poin.

Pada pertandingan terakhir Sabtu, Simon Rolfes mencetak dua gol untuk Bayer Leverkusen pada sisa waktu 11 menit sehingga kedudukan awal kecolongan 0-2 menjadi kemenangan 3-2 di VfL Wolfsburg.

Pada pertandingan Minggu, Kaiserslautern menjamu Eintracht Frankfurt dan Borussia Moenchengladbach bertanding di Hoffenheim. (*)

(Uu.SYS/A008/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010