Jakarta (ANTARA) - Kontingen China masih memimpin klasemen sementara perolehan medali Olimpiade Tokyo 2020 hingga hari Minggu, dengan keunggulan satu emas lebih banyak dibandingkan tuan rumah Jepang yang membayangi di posisi kedua.

Angkat besi menyumbangkan dua emas tambahan bagi China lewat Li Fabin di nomor 61kg putra dan Chen Lijun untuk 67kg putra, diikuti pasangan Shi Tingmao dan Wang Han yang menyabet loncat indah nomor sinkronisasi 3meter putri.

Kakak beradik judoka Uta dan Hifumi Abe menciptakan sejarah saat sama-sama menyabet dua dari empat raihan emas Jepang pada hari Minggu. Uta memenanginya di nomor 52kg putri, sedangkan sang kakak Hifumi di nomor 66kg putra.

Baca juga: Lifter Deni finis kesembilan, Chen Lijun rebut emas kelas 67kg
Baca juga: Abe bersaudara rebut emas judo Olimpiade Tokyo di hari yang sama


Catatan sejarah juga ditorehkan oleh skateboarder Jepang Yuto Horigome yang jadi peraih medali emas perdana skateboard di Olimpiade, mengingat ini merupakan debut olahraga itu dipertandingkan dalam Olimpiade.

Sementara itu, kontingen Indonesia kembali mendapat tambahan medali setelah Eko Yuli Irawan menyabet perak angkat besi 61kg putra, yang membuatnya mencetak sejarah sebagai peraih medali empat edisi Olimpiade.

Indonesia kini menempati peringkat ke-19 klasemen perolehan medali setelah kemarin Windy Cantika Aisah meraih perunggu angkat besi 49kg putri.

Baca juga: Yuto Horigome sabet emas Tokyo 2020 dari cabang debutan skateboard
Baca juga: Eko Yuli Irawan sumbang perak untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo


Berikut klasemen lengkap perolehan medali sementara Olimpiade Tokyo dikutip dari laman resmi kompetisi:

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021