Yogyakarta (ANTARA News) - Mahasiswa Program Studi Disain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia Yogyakarta menerbitkan buku komik budaya bertajuk `Kota Gede dalam Komik` di Kampung Pekaten, Kotagede, Minggu.

"Peluncuran buku komik tersebut merupakan rangkaian dari Diskomfest 4. Buku tersebut merupakan salah satu cara untuk mendokumentasikan situs-situs budaya dan sejarah yang terdapat di Kota Gede," kata Humas Diskomfest 4 Dwiyana Abitya di Yogyakarta, Minggu.

Ia mengatakan berbagai situs budaya dan sejarah yang tersebar di bekas Ibukota Kerajaan Mataram Islam tersebut sedikit-demi sedikit mulai terlupakan karena kurangnya dokumentasi terhadap situs tersebut.

"Ada tiga tema yang diangkat dalam buku komik tersebut yaitu situs-situs budaya di Kotagede, makanan tradisional Kotagede, dan sejarah Kotagede," katanya.

Menurut dia komik setebal 150 halaman yang proses pembuatannya melibatkan 12 komikus dari berbagai kominitas komik di Yogyakarta tersebut akan dibagikan kepada perpustakaan masyarakat dan sejumlah Sekolah Dasar di Kotagede.

"Akurasi cerita dalam komik tersebut diperkuat oleh data yang didapatkan dari beberapa kali riset yang melibatkan para tetua warga Kotagede," katanya.

Dwiyana mengatakan komik-komik tersebut dikurasi oleh beberapa komikus yang cukup mapan dibidangnya seperti Aznar Zacky yang merupakan desainer sampul buku `Gurita Cikeas` karya George Aditjondro, kurator lainnya adalah komikus Terra Bajagrosa, dan Indiria Maharsi.(*)

ANT/H008/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010