Satgas Pamtas RI-Timor Leste gagalkan penyelundupan BBM di perbatasan

Satgas Pamtas RI-Timor Leste gagalkan penyelundupan BBM di perbatasan

Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Timor Leste menggagalkan penyelundupan 120 liter bahan bakar minyak (BBM) di wilayah perbatasan beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-Satgas Pamtas RI-Timor Leste.

Kupang (ANTARA) - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Timor Leste menggagalkan penyelundupan 120 liter bahan bakar minyak (BBM) di wilayah perbatasan.

"BBM tersebut terdiri atas 4 jeriken yang berukuran masing-masing 30 liter yang diamankan personel Satgas Pamtas RI-Timor Leste Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad Pos Inbate," ungkap Danpos Letda Arm Djoko H P dalam keterangan yang diterima ANTARA, Senin.

Baca juga: Warga Temajuk serahkan senpi rakitan ke Satgas Pamtas

Ia menjelaskan pengamanan dilakukan saat kegiatan patroli oleh anggota Pos Inbate di sekitar Patok Provinsi No 43, Desa Inbate, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur.

Selain Pos Inbate, penggagalan penyelundupan BBM juga dilakukan personel Pos Nino di bawah pimpinan Danpos Sertu Muliadi.

Personel melakukan patroli malam jalan tikus dan menggagalkan upaya penyelundupan BBM sejumlah 45 liter.

BBM tersebut disimpan dalam 2 jeriken ukuran 20 liter dan 2 jeriken ukuran 5 liter.

Baca juga: Satgas TNI bagi masker untuk warga perbatasan cegah COVID-19

Menurut Letda Arm Djoko, pihaknya belum mengetahui siapa pemilik barang bukti tersebut.

Ia menduga BBM tersebut akan diselundupkan ke dalam wilayah Timor Leste. Kini, barang bukti tersebut telah diamankan di pos masing-masing untuk dilaporkan bertahap.

Baca juga: Satgas TNI edukasi warga perbatasan tentang pola hidup sehat

"Kami akan terus melakukan patroli untuk menggagalkan usaha penyelundupan ilegal, baik dari RI menuju Timor Leste maupun sebaliknya," tegas Letda Arm Djoko.

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tim gabungan amankan 53,6 kg sabu di perbatasan RI-Malaysia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar