Inisiatif meningkatkan penatalaksanaan nyeri akut yang lebih baik melalui pendidikan, menambah kesadaran

     SEATTLE, 18 Oktober (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) -- Tahun Global Melawan Nyeri Akut (Global Year Against Acute Pain) hari ini diluncurkan, dengan memfokuskan perhatian pada nyeri yang kurang mendapat perhatian dan pengobatan yang mempengaruhi kebanyakan orang selama hidupnya. Kampanye 12 bulan ini, yang disponsori oleh International Association for the Study of Pain (IASP), memfokuskan pada pendidikan bagi profesional perawatan kesehatan dan pemimpin pemerintahan serta kesadaran publik untuk membantu mengurangi kesenjangan antara pengetahuan dan teknologi yang sudah ada untuk pengendalian nyeri akut dan praktek penatalaksanaan nyeri saat ini.

     Nyeri akut adalah alasan tersering mengapa pasien mengunjungi unit gawat darurat, dan juga merupakan keluhan umum pada pasien klinik keluarga dan pengobatan internal. Nyeri akut seringkali merupakan aspek penyakit, persalinan, cedera olahraga dan pembedahan. Meskipun ada kemajuan luar biasa dalam penelitian nyeri dalam beberapa dekade terakhir, pengendalian nyeri yang kurang memadai masih lebih merupakan aturan daripada pengecualian. Jika tak terkendali, para pakar memperingatkan bahwa nyeri akut dapat menyebabkan rawat inap yang lebih lama di rumah sakit dan berkembang menjadi nyeri kronis.

     "Kami harap para peneliti, profesional perawatan kesehatan, dan pejabat pemerintah di seluruh dunia bergabung dengan kami karena kami berupaya memperbaiki pendidikan dan meningkatkan kesadaran penatalaksanaan nyeri akut," kata Presiden IASP Eija A. Kalso (Finlandia). Kampanye tahun 2010-2011 ini, dengan temanya "Mengantisipasi, Menilai, Mengurangi," bertujuan memperbaiki penatalaksanaan nyeri akut di seluruh dunia. Inisiatif tersebut, yang dipimpin oleh ahli nyeri akut Drs. Edmund Neugebauer (Jerman), Tim Brennan (AS), Henrik Kehlet (Denmark), dan Stephan Schug (Australia), serta para anggota gugus tugas global IASP, akan mengerahkan ke-7500 anggota dan 85 cabang nasional IASP, dan menjalin kemitraan dengan organisasi lain, untuk:

     - Menyebarkan informasi tentang nyeri akut di seluruh dunia
     - Mendidik para peneliti nyeri serta profesional perawatan kesehatan yang melihat masalah sehubungan dengan nyeri akut terlebih dahulu dalam interaksi mereka dengan pasien
     - Meningkatkan kesadaran akan nyeri akut di antara pejabat pemerintah, insan pers, dan masyarakat umum di seluruh dunia
     - Mendorong pemimpin pemerintahan, lembaga penelitian, dan pihak lain untuk mendukung kebijakan yang menghasilkan pengobatan nyeri yang ditingkatkan bagi penderita nyeri akut.

     IASP telah menerbitkan serangkaian lembar fakta bagi dokter dan profesional perawatan kesehatan yang mencakup topik khusus terkait dengan nyeri akut, termasuk definisi masalah dan dampak nyeri akut, manfaat dan hambatan atas penatalaksanaan nyeri akut yang lebih baik, bukti yang mendukung obat nyeri akut, kesenjangan antara bukti dan praktek, mekanisme nyeri akut, serta cara-cara melaksanakan perubahan. Lembar fakta akan diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa dan dapat diunduh cuma-cuma dari situs web IASP. Dalam tahun ini, lebih banyak lembar fakta mengenai berbagai aspek nyeri akut akan ditambahkan pada situs web tersebut, dan beberapa terbitan laporan berkala IASP's Pain: Clinical Updates akan menyelidiki topik-topik terkini nyeri akut. Perhimpunan ini dan cabang-cabangnya juga akan mensponsori pertemuan, simposium, kemah nyeri, wawancara media, publikasi, serta upaya-upaya lain untuk meningkatkan pendidikan mengenai masalah-masalah seputar nyeri akut.

     Tentang IASP: IASP menyatukan para ilmuwan, dokter, penyedia perawatan kesehatan, dan pembuat kebijakan untuk menggugah dan mendukung kajian nyeri dan mewujudkan pengetahuan itu ke dalam peringanan nyeri di seluruh dunia. IASP menggelar World Congress on Pain(R) dua bulanan, mensponsori hibah, simposium, dan program yang mendukung penelitian nyeri, serta menerbitkan buku dan jurnal ilmiah, PAIN(R). IASP adalah organisasi internasional nirlaba yang berkedudukan di Seattle, AS dan diakui sebagai sebuah LSM oleh World Health Organization (WHO). Pada hari Senin pekan ketiga bulan Oktober, IASP meluncurkan kampanye tahunan Tahun Global untuk meningkatkan kesadaran aspek-aspek berbeda dari nyeri. Keterangan tambahan: http://www.iasp-pain.org/GlobalYear/Acute.

     SUMBER: International Association for the Study of Pain

     KONTAK: Karen Smaalders, Manager Pemasaran dan Komunikasi IASP
                    +1-206-283-0311, ext. 225
                    +1-206-283-9403 (fax)
                    Karen.smaalders@iasp-pain.org





Pewarta:
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010