Alat WikiBhasha akan membantu menyederhanakan dan mempercepat proses pembuatan konten multibahasa di Wikipedia

     REDMOND, Wash., 19 Oktober (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) -- Microsof Research hari ini mengumumkan peluncuran versi beta WikiBhasha, alat pembuatan konten multibahasa bagi Wikipedia. Alat WikiBhasha memungkinkan kontributor Wikipedia menemukan konten dari artikel lain Wikipedia, menerjemahkan kontennya ke dalam bahasa lain, dan kemudian menyusun artikel baru atau meningkatkan artikel yang sudah ada dalam Wikipedia multibahasa. WikiBhasha beta tersedia sebagai perluasan MediaWiki sumber terbuka, di bawah Apache License 2.0 di http://svn.wikimedia.org/viewvc/mediawiki/trunk/extensions/WikiBhasha, dan sebagai perkakas pengguna di Wikipedia. Alat tersebut juga tersedia sebagai penanda halaman buku kecil (bookmarklet) yang dapat dipasang di http://www.wikibhasha.org, yang dihosting di platform Windows Azure dari Microsoft Corp. Nama WikiBhasha berasal dari istilah yang sudah dikenal "wiki," yang menunjukkan kerjasama, dan "bhasha," yang berarti "bahasa" dalam bahasa Hindi dan Sansekerta.

     (Logo: http://photos.prnewswire.com/prnh/20000822/MSFTLOGO)
     (Logo: http://www.newscom.com/cgi-bin/prnh/20000822/MSFTLOGO)

     WikiBhasha akan mendukung pembuatan konten dalam lebih dari 30 bahasa. Versi beta WikiBhasha akan memungkinkan pembuatan konten mudah dalam Wikipedia bukan bahasa Inggris dengan meningkatkan konten Wikipedia bahasa Inggris bervolume besar sebagai sumber informasi. Mulanya, Wikimedia Foundation dan Microsoft Research juga akan bekerjasama erat dengan komunitas pengguna Wikipedia yang memfokuskan pembuatan konten dalam bahasa Arab, Jerman, Hindi, Jepang, Portugis dan Spanyol.

     "Kami selalu gembira melihat usaha memperbaiki kerjasama multibahasa antara wiki," kata Danese Cooper, CTO Wikimedia Foundation. "Microsoft Research melakukan beberapa usaha yang menarik dengan WikiBhasha, dan kami senang ia juga memilih untuk membagi kode kliennya dalam sumber terbuka."

     Dengan mempermudah komunitas Wikipedia menciptakan konten multibahasa, Wikipedia dan Microsoft Research berharap dapat menginspirasi gelombang baru pembuatan konten multibahasa.

     "WikiBhasha beta berjanji memungkinkan penciptaan mudah konten dalam beberapa bahasa, dan juga menghasilkan banyak data bahasa paralel bagi para peneliti untuk berupaya memajukan teknologi mesin penerjemahan," kata P. Anandan, direktur utama, Microsoft Research India "Membuat konten berkualitas dalam berbagai bahasa dapat sangat ditingkatkan dan dipercepat dengan partisipasi aktif komunitas Wikipedia."

     WikiBhasha beta adalah alat berbasis browser yang bekerja pada situs Wikipedia. Ia menampilkan lapisan user interface (UI) intuitif dan sederhana yang tetap pada Wikipedia bahasa target untuk keseluruhan proses pembuatan konten. Lapisan UI ini menggabungkan penemuan konten dengan layanan linguistik dan kolaboratif, yang memfokuskan pengguna terutama pada pembuatan konten dalam Wikipedia target. Proses tiga langkah yang sederhana memandu pengguna dalam penemuan dan sourcing konten dari artikel Wikipedia bahasa Inggris, menyusun artikel Wikipedia bahasa setempat serta menerbitkannya dalam Wikipedia target. Meskipun sesi khas mungkin untuk meningkatkan artikel Wikipedia bahasa target, artikel baru juga dapat dibuat mengikuti proses serupa. WikiBhasha beta saat ini bekerja pada Windows Internet Explorer (7.0 dan 8.0) di Windows XP, Windows Vista dan Windows 7, serta pada Firefox (3,5 atau di atasnya) di Linux Fedora (11 dan 12), Windows XP, Windows Vista dan Windows 7.

     WikiBhasha, yang didukung oleh sistem Machine Translation Microsoft dan Collaborative Translations Framework Microsoft, dikonsep oleh Grup Multilingual Systems http://research.microsoft.com/en-us/groups/mls/)
di Microsoft Research India (http://research.microsoft.com/en-us/labs/india/). Grup Multilingual Systems menyelidiki teknologi multibahasa dan lintas-bahasa yang bekerja secara mulus antara berbagai bahasa, serta dalam pembuatan sumber daya untuk membantu penelitian linguistik komputasi. Alat tersebut dikembangkan bekerjasama dengan Grup Natural Language Processing (http://research.microsoft.com/en-us/groups/nlp/) di Microsoft Research Redmond.

     Pengajaran tambahan video yang membiasakan pengguna dengan fungsi-fungsi kaya yang ditawarkan oleh beta WikiBhasha beta terdapat di http://www.wikibhasha.org.

     Tentang Microsoft Research
     Microsoft Research, yang didirikan pada tahun 1991, melakukan baik penelitian dasar maupun terapan dalam ilmu komputer dan rekayasa perangkat lunak. Para peneliti fokus pada lebih dari 55 bidang komputasi serta bekerjasama dengan para peneliti akademis, pemerintah dan industri terkemuka untuk memajukan teknologi mutakhir. Microsoft Research telah berkembang selama bertahun-tahun ke delapan lokasi di seluruh dunia dan sejumlah proyek kerjasama yang menyatukan pemikiran terbaik dalam ilmu komputer guna memajukan agenda penelitian berdasarkan bakat dan minat unik mereka.

     Microsoft Research berlokasi di Redmond, Wash.; Cambridge, Mass.; Silicon Valley, Calif.; Cambridge, Inggris; Beijing, China; dan Bangalore, India, dan juga melakukan penelitian di Cairo Microsoft Innovation Center di Mesir; European Microsoft Innovation Centre di Aachen, Jerman; serta eXtreme Computing Group di Redmond. Microsoft Research bekerjasama secara terbuka dengan kampus dan universitas di seluruh dunia untuk meningkatkan pengalaman mengajar dan belajar, menginspirasi inovasi teknologi, serta memajukan bidang ilmu komputer. Keterangan tambahan terdapat di http://www.research.microsoft.com.

     Tentang Microsoft
Microsoft (Nasdaq: MSFT), yang didirikan pada tahun 1975, adalah pemimpin seluruh dunia dalam perangkat lunak, jasa dan solusi yang membantu orang dan perusahaan mewujudkan potensi penuhnya.

     SUMBER: Microsoft Corp.

     KONTAK: Mike Houlihan,
     +1-503-443-7157,
     mhoulihan@waggeneredstrom.com,

     Tim Cepat Tanggap,
     +1-503-443-7070,
     rrt@waggeneredstrom.com, keduanya untuk Microsoft

     CATATAN UNTUK REDAKTUR: Untuk keterangan tambahan, berita dan perspektif dari Microsoft, silakan kunjungi Microsoft News Center di http://www.microsoft.com/news. Tautan Web, nomor telepon dan gelar adalah benar pada saat penerbitan, tetapi mungkin telah berubah. Untuk bantuan tambahan, wartawan dan analis dapat menghubungi Tim Cepat Tanggap Microsoft atau kontak lain yang benar di http://www.microsoft.com/news/contactpr.mspx.

Pewarta:
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010