Jeddah  (ANTARA News) - Jemaah haji dari berbagai penjuru dunia mulai masuk Arab Saudi melalui 16 jalur darat, udara dan laut yang diperkirakan telah mencapai 62.500 orang dari berbagai negara di kawasan Arab dan negara Islam lainnya melalui 276 penerbangan.

Semua organisasi layanan haji telah siap menerima tamu Allah, antara lain Otoritas Umum Penerbangan Sipil (GACA), yang sejak awal telah melakukan perencanaan layanan haji, termasuk operasional terminal haji di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah sebagai fasilitas penerimaan jemaah sebelum mereka menuju Mekkah dan Madinah, sebut Arabnews, Selasa.

GACA juga telah melakukan koordinasi dengan instansi pemerintah lainnya, untuk memastikan jemaah haji diterima dan dilayani dengan baik dan menyenangkan.

Kedatangan jemaah haji dimulai 9 Oktober hingga 12 November, sedangkan kepulangan jemaah dimulai 12 November hingga 21 Desember.

Menurut GACA, ada enam penerbangan haji setiap jam dan 144 penerbangan haji setiap hari. Puncak penerbangan haji akan terjadi pada minggu kedua bulan November, mencapai 200 penerbangan setiap hari.

Keimigrasian Arab Saudi telah menyelesaikan seluruh persiapan untuk menerima jemaah haji di setiap pintu masuk. Sementara para mahasiswa Keimigrasian Saudi ditempatkan di King Abdulaziz International Airport (KAIA) di Jeddah, Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz International Airport Madinah dan Islam Seaport (JIS) Jeddah, dan pintu masuk lainnya.

Para petugas tersebut telah terlatih menangani semua pekerjaan terkait paspor, komputer, sidik jari, mengidentifikasi dokumen palsu dan masalah keamanan lainnya.

Kuota haji Indonesia ada tahun 2010 ini adalah 221.000 orang ditambah petugas haji sekitar 3500 orang,.
(E001/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010