Jakarta (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri menyatakan senang atas disetujuinya Komjen Pol Timur Pradopo oleh DPR sebagai pengganti dirinya.

"Saya senang dan lega," katanya, seusai Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari di Wisma Bhayangkari Mabes Polri di Jakarta, Selasa.

Rapat paripurna DPR RI, Selasa mengesahkan hasil uji kepatutan dan kelayakan yang dilakukan Komisi III yang menyetujui Timur sebagai Kapolri.

Rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso itu berjalan mulus tanpa interupsi. Priyo mengetuk palu sidang sebagai persetujuan DPR atas hasil kerja Komisi III yang menyetujui pencalonan Komjen Timur Pradopo sebagai calon Kapolri.

Priyo menegaskan bahwa sesudah disahkan paripurna DPR, maka otomatis Komjen Pol Timur Pradopo resmi menjadi Kapolri menggantikan Jendral Polisi Bambang Hendarso Danuri yang telah memasuki masa pensiunnya.

"Selanjutnya DPR akan segera mengirim surat ke Presiden soal hasil sidang paripurna pengesahan Komjen Pol Timur Pradopo menjadi Kapolri ini," ujar politisi Partai Golkar itu.

Sesaat sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III Catur Sapto Edi yang menyampaikan hasil fit and proper test atas Komjen Pol Timur Pradopo mengatakan komisi tiga membentuk tim kecil sebelum "fit and proper test berlangsung.

Tim kecil tersebut, dibentuk untuk menghimpun berbagai masukan dari masyarakat soal kredibilitas calon Kapolri yang diajukan Presiden Yudhoyono ke DPR RI.

"Selain itu tim kecil juga telah mengundang Kompolnas, PPATK, Komnas HAM dan KPK untuk didengarkan masukan masing-masing," ujarnya.

Setelah mendengarkan pendapat dari berbagai pihak, menurut Catur, Komisi III akhirnya menerima Komjen Timur Pradopo secara aklamasi untuk disahkan menjadi Kapolri dalam rapat paripurna.
(S035/A033)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010