Jeddah (ANTARA  News) - Komite III DPD RI meminta adanya keseriusan untuk mengatasi beberapa titik kelemahan dalam penyelenggaraan ibadah haji 1431 Hijriah karena masih ada persiapan yang perlu dimantapkan.

Ketua Komite III DPD RI Prof Dr Dra Hj Istibsyaroh SH MA yang melakukan kunjungan kerja di Jeddah, Arab Saudi, Selasa, mengatakan, perlu ada upaya serius untuk mengantisipasi beberapa titik kelemahan dalam penyelenggaraan haji 2010.

Rombongan Komite III DPD yang dipimpin Istibsyaroh melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi pada 10-19 Oktober 2010, untuk meninjau pelaksanaan haji.

Beberapa titik kelemahan yang diungkap Istibsyaroh adalah salah satunya soal transportasi yang kemungkinan terjadi penumpukan di sekitar Masjidil Haram menjelang puncak haji.

Beberapa tempat yang akan dijadikan sebagai tempat pemberhentian menurunkan penumpang, katanya, perlu dilakukan sosialisasi. "Jangan sampai jamaah dibuat bingung atau transportasi dimanfaatkan oleh jamaah dari negara lain," katanya.

Seperti disebutkan sebelumnya pelayanan transportasi jamaah haji di Mekkah tahun ini dilaksanakan tiga operator perusahaan angkutan, yang bersifat regular dilaksanakan oleh Saptco dan Umul Quro. Sedang untuk pelaksanaan tawaf perdana, dilaksanakan oleh Dallah.

Transportasi regular dilakukan di tiga wilayah, di ring 2 wilayah Aziziah-Zanubiah, Aziziah Syimaliah, dan didaerah pemondokan Syisa.

Dari 3 wilayah pemondokan ini, bus terus terus berputar selama 24 jam, menuju Mahbaz Jin. Dari Mahbaz Jin yang merupakan terminal ketiga wilayah itu, akan diangkut di shuttle oleh bus Saptco, melalui terowongan menuju ke Bab Ali atau yang disebut dengan Maulid Nabi.

Sedangkan jamaah haji yang berada di ring dua yakni pemondokan di wilayah Zahir, Raudaoh, Zumaizah, dan Maabdah, akan diangkut menuju depan hotel Aljazerah, baru kemudian berjalan kurang lebih 200 meter.

Dari wilayah pondokan di Syari Mansur dan sSari Umuml Quro, akan diangkut menuju daerah Hafair, di depan Hotel Al Huzan, kurang lebih 75 meter ke depan Masjidil Haram. Dari Nakatzah setelah Bahutmah, akan diangkut sampai ke ujung jembatan Misfalah sebelum Hotel Palestine.

"Soal angkutan ini jangan membuat jemaah bingung pada saat pelaksanaan nanti," harap pimpinan rombongan DPD RI itu.
(E001/041)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010