TNI-Polri patroli perbatasan RI-Papua Nugini untuk tunjukkan soliditas

TNI-Polri patroli perbatasan RI-Papua Nugini untuk tunjukkan soliditas

Personel TNI-Polri melakukan patroli wilayah perbatasan RI dan Papua Nugini di Kampungn Tanas, Kabupaten Merauki, Papua, Selasa (27/7/2021). ANTARA/HO-Satgas Nemangkawi.

Jakarta (ANTARA) - Personel TNI-Polri berpatroli di perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini, tepatnya di Kampung Tanas, Merauke, Papua, Selasa, untuk menjaga soliditas sekaligus memastikan keamanan di wilayah perbatasan tersebut.

Wasatgas Humas Nemangkawi Tahap II AKBP Arief Fajar Satria dalam keterangan tertulis menyebutkan patroli yang dipimpin Kapolsek Bupul Ipda M Arisdianto tersebut melibatkan empat personel Polri, dua anggota Koramil Eligobel, dan Kepala Kampung Gerisar.

"Sejak awal TNI-Polri solid menjaga keamanan ketertiban di wilayah Papua untuk menegakkan hukum guna menangkap para penebar teror kemanusiaan di Papua," kata Arief yang mendapat promosi sebagai Kapolres Pekalongan per Agustus 2021.

Baca juga: Satgas Newangkawi tangkap DPO teroris Puncak Gumanggup Enumbi

Menurut Arief, keselamatan dan keamanan warga Papua menjadi prioritas prajurit TNI-Polri untuk terus melakukan pengamanan, meski situasi saat ini dilanda pandemi COVID-19.

Selain bertugas melakukan patroli dan menjaga keamanan Papua, katanya, personel TNI-Polri menyosialisasikan penerapan disiplin protokol kesehatan agar masyarakat Papua tetap terlindungi dari paparan COVID-19.

"Masyarakat Papua tidak boleh terpecah belah, tetap solid, tetap berpikir positif, pakai masker, dan menjaga protokol kesehatan, jangan lupa vaksin COVID-19 Pace Mace (om dan tante)," kata Arief.

Baca juga: MPR apresiasi Satgas Nemangkawi tangkap penjual senpi kepada KKB

Ada pun patroli bersama TNI Polri di Kampungn Tanas, wilayah perbatasan RI dan Papua Nugini, berlangsung selama kurang lebih dua jam, yakni dari pukul 09.00 WIB sampai 11.00 WIB.

Dalam patroli tersebut, personel TNI Polri menyambangi kampung utama dan kampung lokal di Kampung Tanas sekaligus menyapa masyarakat sehingga terjadi komunikasi yang baik.

"Membangun komunikasi dengan masyarakat penting dilakukan untuk memelihara kamtibmas karena dalam kegiatan tersebut, personel memberikan imbauan, edukasi, dan penertiban apabila ditemukan hal-hal yang melanggar aturan hukum terkait penanganan pandemi," kata Kapolsek Bupul Ipda M Arsidianto.

Baca juga: Satgas Nemangkawi tangkap penjual senjata kepada KKB Puncak Jaya

Wilayah Papua, kata dia, diberlakukan Operasi Satgas Nemangkawi dalam rangka menumpas kejahatan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang sering melakukan teror kepada warga.

Selain itu, ujar dia, Papua menjadi tuan rumah ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 pada 2-13 Oktober 2021.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Satgas Nemangkawi evakuasi 17 warga Kiwirok ke Oksibil

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar