Palembang (ANTARA News) - Atlet bola basket Sumatera Selatan Novi Apriyani dipercaya pemerintah Kabupaten Banyuasin sebagai duta atau ikut "DBL World Camp" di Amerika Serikat, kata Hendri Zainuddin di Palembang, Kamis.

Menurut Ketua Harian Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia Sumsel itu, Novi dipilih Pemerintah Kabupaten Banyuasin menjadi duta Sumsel, karena berhasil masuk dalam DBL World Camp di Seattle, Amerika Serikat, 31 Oktober-10 November 2010.

"Kami sangat menyambut baik apresiasi dari Pemkab Banyuasin ini, karena dapat memicu pebasket-pebasket lain untuk meraih prestasi seperti Novi," kata dia.

Dia menuturkan, pengukuhan Novi sebagai duta tersebut dilakukan di Kantor Bupati Banyuasin, Selasa (19/10).

"Dalam kesempatan itu hadir Bupati Banyuasin, H Amirudin Inoed Ketua Komisi IV DPRD Banyuasin, Kepala Dinas Pendidikan Banyuasin, Ketua Umum Pengcab Banyuasin dan beberapa unsur muspida," ujar dia.

Dia menerangkan, Pemerintah Kabupaten Banyuasin mantap memilih Novi sebagai duta daerah, karena mampu masuk DBL-All Stars sebanyak dua kali.

"Novi tercatat satu-satunya pebasket putri di Indonesia yang bisa masuk DBL-All Stars sebanyak dua kali. Sebelumnya, pada DBL tahun 2009, Novi mengikuti DBL World Camp di Australia," kata dia.

Sementara, Novi menyatakan tersanjung atas anugrah yang diberikan kepadanya itu.

"Saya sudah bertekad untuk menjadi yang terbaik. Ini kesempatan langka, karena dapat mempromosikan Sumsel dan Banyuasin pada khususnya," katanya.

Novi sebelum berkecimpung di dunia basket, adalah seorang atlet tinju amatir. Namun, saat menggeluti olahraga tinju, prestasinya kurang bersinar.
(ANT039/M033)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010