Salou, Spanyol (ANTARA News) - Pereli yang baru mendapat gelar juara dunia untuk ketujuh kali, Sebastien Loeb, mempertahankan posisi tercepat memasuki hari terakhir Reli Catalunya, Minggu.

Loeb, yang memastikan diri sebagai juara dunia ketujuh kali setelah menang di Prancis awal bulan ini, memimpin klasemen setelah Sabtu menjadi unggulan dalam enam lintasan khusus (SS=special stage) dengan waktu dua jam 40 menit 01,9 detik sehingga unggul 44,4 detik di depan pereli dari Norwegia, Petter Solberg, sebagaimana dikutip dari AFP.

Pereli dari Spanyol, Dani Sordo, melakukan yang baik untuk Citroen dengan berada di urutan ketiga dan waktunya terpaut 1:01.3, juga di atas kendaraan tipe C4.

Rekan setim Loeb dari Prancis yang menggenjot Citroen C4 Sebastien Ogier, yang sebelumnya berada di urutan kedua, merupakan pereli paling sial Sabtu, karena waktunya tercecer 15 menit karena memperbaiki suspensi kendaraan yang menabrak batas penghalang di lintasan.

"Hari ini amat bagus dan kami tetap memimpin," kata Loeb, "Kami bersenang-senang di lintasan tetapi kami tidak ambil risiko."

Solberg mengatakan ia berada di urutan kedua Sabtu dengan pautan waktu 44 detik dari juara dunia tujuh kali Loeb.

Pengemudi Citroen dari tim perorangan itu mengakhiri perlombaan Sabtu dengan memenangi perlombaan pada lintasan terakhir.

"Saya tidak berandai-andai. Urutan kedua bagi saya pada perlombaan di sini usdah bagus. Dapat mencapai urutan kedua sudah merupakan pencapaian bagus bagi kami," katanya.

"Tapi kami harus tetap mencoba sampai ujung perlombaan ini. Saya akan mencoba yang terbaik dan tidak akan pernah menyerang," katanya.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010