Gak ada. Kita kayak bikin agreement gitu sih. Kayak, let's not stick to one genre gitu
Jakarta (ANTARA) - Grup musik indie, Svmmerdose, tampil hangatkan Jum'at malam melalui program pertunjukan daring Mola Chill Fridays. Dalam program tersebut Svmmerdose pun membawakan sejumlah lagu sambil menjawab pertanyaan-pertanyaan dari penggemar.

Mola Chill Fridays merupakan salah satu program yang menghadirkan musisi-musisi dunia dan Indonesia setiap Jumat malam untuk menemani akhir pekan khususnya menjadi hiburan di tengah situasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat ini.

Pada pekan ini, Mola Chill Fridays pun mengundang Svmmerdose, salah satu grup musik indie bentukan Iqbaal Ramadhan dan kawan-kawan.

Pada awal penampilannya, Svmmerdose membawakan salah satu lagu dalam mini album terbarunya "Yeah Yeah Youth" yang berjudul "Tripping on Me". Selanjutnya, mereka membawakan salah satu lagu dalam albumnya "She/Her/Hers" berjudul "Stockholm".

Baca juga: Tarrarin "Svmmerdose" dan Abraham Kevin luapkan emosi lewat "Emotions"

Svmmerdose merupakan grup musik indie yang dibentuk Iqbaal Ramadhan bersama Rinrin sang vokal dan Agy sang gitaris. Namun, Agy memutuskan keluar dari grup pada tahun 2019 lalu.

Berlatar belakang pertemanan dan selera musik yang berbeda-beda, warna musik Svmmerdose pun memiliki keunikan sendiri. Iqbaal pun mengaku bahwa mereka memang tidak memiliki genre khusus.

"Gak ada. Kita kayak bikin agreement gitu sih. Kayak, let's not stick to one genre gitu," kata Iqbaal menjawab pertanyaan dari penggemarnya pada Jumat (30/7).

Pada Jumat (30/4) lalu, grup band ini merilis mini album terbarunya "Yeah Yeah Youth". Dalam mini album ini, Iqbaal dan Rinrin menyertakan lima buah lagu yaitu "More than Friends", "Mind Drift", "To be With You", "Now You're Gone", dan "Tripping on Me".

Dalam sesi tanya jawab, Rinrin pun menjelaskan proses di balik pembuatan mini album terbaru mereka ini. "Jadi, Yeah Yeah Youth is basicly kumpulan demo-demo kita yang kita kumpulin selama pandemi," katanya.

Baca juga: Konser di Jakarta, Svmmerdose singgung isu pencarian jati diri

"Prosesnya lumayan nggak jelas. Karena dia (Iqbaal) sempet di Melbourne, terus song writing-nya jadi kadang-kadang gue nulis demo tuh setengah doang supaya kita bisa selesaiin bareng-bareng. Karena kita nulis sendiri Alhamdulillah dan the first self produce EP,"

"Intinya, kita bikin EP ini nggak terlalu yang mikir banget lagunya harus deep. Terus lagunya harus tersirat, nggak ya. Kita cerita ya sudah cerita saja,"

Mereka pun kemudian membawakan salah satu lagu yang ada pada mini album "Yeah Yeah Youth" berjudul "Mind Drift" yang kemudian dilanjutkan dengan lagu Independent.

Setelah menyanyikan kedua lagu tersebut, Svmmerdose pun kembali menjelaskan tentang proses pembuatan EP "Yeah Yeah Youth". Rinrin menjelaskan tantangan terbesar mereka dalam produksi EP tersebut.

"Challenge terbesarnya adalah untuk nggak overthinking," kata Rinrin.

Baca juga: Sambut tur Svmmerdose, Iqbaal Ramadhan ingatkan vokalis jaga suara

"Kadang-kadang suka overthinking gitu soal materi lagunya, atau even soal liriknya. Jadi kadang-kadang liriknya tuh sudah selesai, atau notasinya, atau element production-nya sudah selesai. Tapi kadang-kadang overthinking yang membuat prosesnya jadi agak lama. Padahal sebenarnya sudah enak,"

Rinrin pun menjelaskan bahwa EP ini adalah ladang bagi mereka untuk belajar tentang musik. Sehingga, dia merasa bahwa tantangan-tantangan yang mereka hadapi merupakan proses bagi mereka.

Di akhir penampilannya, Iqbaal mengucapkan rasa terima kasihnya pada Mola Chill Fridays yang telah mengundang Svmmerdose.

"Thank you so much for having us. We had fun. Ini kayak manggung tapi latihan. Terima kasih buat Mola Chill Fridays dan juga teman-teman di rumah yang sudah nonton pastinya," ujar Iqbaal.

Sebagai penutup, Svmmerdose pun membawakan lagu "To Be With You" yang juga merupakan salah satu lagu dari mini albumnya "Yeah Yeah Youth".

Baca juga: J Jey dan Tarrarin Svmmerdose kolaborasi di "Let Me Be U"

Baca juga: Realme dan Svmmerdose kolaborasi galang dana dengan konser daring


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021