Jakarta (ANTARA News) - PSSI mempertegas kembali loyalitas atau kesetiaan klub anggotanya dengan mengumpulkan perwakilan-perwakilan klub di Jakarta pada Minggu malam.

"PSSI akan bertindak tegas kepada klub yang mengikuti kompetisi di luar organisasi PSSI. Kalau ada klub atau kompetisi yang tidak bersentuhan dengan anggota dan organisasi PSSI, maka kami anggap itu kompetisi Tarkam (tarikan kampung -Red)," ujar Ketua Umum PSSI Nurdin Halid kepada wartawan di Jakarta.

Hal itu dikatakan Nurdin Halid terkait dengan kabar tentang Liga Primer Indonesia yang sudah memastikan diikuti 17 klub seperti dideklarasikan di Semarang pada Minggu siang.

Mengenai kemungkinan adanya klub anggota PSSI yang juga tampil di Liga Primer Indonesia, Nurdin mengatakan pihaknya akan melihat dan menelitinya lebih jauh.

"Sepanjang klub yang ikut dengan LPI itu tak ada kaitannya dengan PSSI, maka tak ada urusannya dengan PSSI. Tetapi sesuai Status FIFA, Ketua Konfederasi Sepakbola Asia Mohammed Bin Hammam pun mengatakan kepada saya bahwa PSSI bisa bertindak tegas dengan adanya aktivitas kompetisi yang berada di luar naungan PSSI," ujar Nurdin Halid didampingi Presiden Direktur PT Liga Indonesia Andi Darusalam Tabusala dan CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono.

Mengenai klub-klub yang menyatakan menjadi anggota LPI, Nurdin mengaku baru mendengar nama-nama klubnya saja. Tetapi ia meyakini bahwa klub tersebut kualitasnya tidaklah sama dengan klub yang mengikuti Liga Super Indonesia atau kompetisi lain yang berada di bawah naungan PSSI.

Klub di LPI, lanjutnya, juga tak akan bisa menggunakan pemain asing, mengingat keberadaan orang asing di Indonesia harus jelas status dan pekerjaannya.

"Klub anggota LPI itu tak akan bisa menggunakan pemain asing. Kalau pekerjaan mereka tidak sesuai dengan izin tinggalnya maka mereka bisa dideportasi oleh pemerintah," ujarnya.

Pada kesempatan itu ketua umum PSSI juga membahas masalah pembagian saham klub yang pernah dicanangkan sejak empat tahun lalu sebagai upaya untuk membenahi kesejahteraan klub.

Sedangkan terkait dengan status Persebaya Surabaya, PSSI hanya mengakui Persebaya yang dipimpin oleh Wisnu Wardhana.

"PSSI sudah mengeluarkan surat pengakuan untuk Persebaya yang dipimpin oleh Wisnu Wardhana itu. Jadi sejauh ini saya melihat belum ada klub anggota PSSI yang masuk menjadi anggota LPI." Demikian Nurdin Halid. (ANT-132/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010