Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono dan rombongan, Senin pagi, bertolak ke Shanghai, China, untuk menghadiri Shanghai World Expo 2010.

Presiden dan rombongan lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 07:30 WIB.

Turut dalam rombongan antara lain Mendag Mari Elka Pangestu, Menteri Kelautan Perikanan Fadel Muhammad, Manlu Marty Natalegawa dan sejumlah pejabat lainnya.

Setibanya di bandara, Presiden langsung menuju ruang tunggu VIP.

Setelah memberikan pernyataan kepada wartawan, Presiden Yudhoyono dan rombongan langsung bertolak ke Shanghai dengan menggunakan pesawat khusus kepresidenan.

Selama berada di World Expo Shanghai China 2010, presiden akan mengunjungi Paviliun Indonesia yang mencerminkan aneka ragam kekayaan alam dan budaya Indonesia.

Sejak kegiatan World Expo Shanghai China 2010 dimulai pada 1 Mei 2010, jumlah pengunjung Paviliun Indonesia telah mencapai lebih dari 7,5 juta pengunjung atau sekitar 10 persen dari total pengunjung Shanghai World Expo 2010

Selain itu, Presiden Yudhoyono akan menjadi pembicara utama pada forum bisnis yang akan dihadiri oleh sekitar 300 pengusaha terkemuka China dan Indonesia.

Kepala Negara juga akan menyaksikan penandatanganan beberapa nota kesepahaman antara pengusaha RI dan China untuk mengembangkan berbagai kerja sama di bidang pertambangan, energi, pertanian, dan ekonomi kreatif.

Setelah selesai melakukan kunjungan ke China, Presiden Yudhoyono langsung menghadiri pertemuan puncak ASEAN ke-17 di Hanoi, Vietnam pada 27-30 Oktober.

Pada pertemuan puncak tersebut akan dilakukan serah terima jabatan ketua bergilir ASEAN dari Vietnam kepada Indonesia.

Presiden dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada 31
Oktober. (P008*F008/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010