Bandung (ANTARA News) - Badan Kejuruan Kimia Persatuan Insinyur Indonesia (BKKPII) mengapresiasi seminar "Enhanced Oil Recovery"(EOR) yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Bandung di Bandung.

"Suatu kebanggaan bagi BKKPII dan dengan dukungan pemerintah khususnya Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan terselenggaranya seminar EOR," kata Ketua Umum BKKPII Nanang Untung kepada pers, di Bandung, Senin.

Nanang mengungkapkan, pengurus BKKPII telah menyusun 12 komunitas yang menghimpun para praktisi dan akademisi di bidang teknik kimia.

Kata Nanang, 12 komunitas tersebut memiliki program-program yang diharapkan menjadi daya dorong bagi peningkatan industri kimia nasional.

"Seminar EOR merupakan bagian dari salah satu komunitas tersebut, yaitu komunitas migas hulu," kata Nanang.

Menurut Nanang, seminar EOR kali ini memiliki nilai berbeda, dengan bernuansa profesional mempertemukan pemerhati, peneliti, praktisi, dan pembuat kebijakan dalam bidang EOR.

Kata Nanang, dalam seminar kali ini diharapkan mampu merumuskan permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan teknologi maupun bisnis EOR.

"Upaya-upaya pengembangan EOR perlu mendapat sambutan dari praktisi industri tanah air, serta perlindungan dan dorongan agar terlaksana secara efektif," ungkap Nanang.
(ANT-259/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010