Roma (ANTARA News/AFP) - AC Milan tetap berada di bawah Lazio di puncak klasemen Liga Utama Italia (Serie A) setelah mereka mengalahkan 10 pemain Napoli 2-1 di Stadion San Paolo di Naples, Senin.

Robinho dan Zlatan Ibrahimovic mencetak gol bagi Milan sementara pemain tuan rumah Michele Pazienza diusir dari lapangan karena melakukan "handball" sebelum Ezequiel Lavezzi mencetak gol penghiburan.

Milan sekarang membuntuti Lazio dengan hanya selisih dua poin di posisi kedua sementara Napoli, yang tampil lebih baik dalam waktu lama, bahkan dengan 10 pemain, tetap di urutan keenam.

Napoli, seperti biasa, tampil lamban dan peluang pertama jatuh kepada Milan saat tendangan pelan Robinho berhasil diselamatkan oleh Morgan De Sanctis pada perempat jam pertama.

Namun pada menit ke-22 mereka memimpin ketika Robinho saling mengumpan dengan pemain cadangan Massimo Oddo sebelum menyelesaikannya ke sudut gawang.

Akan tetapi, pertahanan Napoli yang tidak tertata adalah arsitek sesungguhnya ketika tujuh pertahanan dan kiper mereka berada di kotak penalti namun masih gagal menghadang laju pemain asal Brazil itu.

Reaksi dari tim tuan rumah adalah bermain cepat ketika empat menit kemudian Lavezzi melaju di kanan dan mengumpan silang kepada Marek Hamsik, yang berada di dekat gawang namun dorongannya melebar.

Hamsik kemudian menyilang dari kiri namun tendangan Edinson Cavani luput dan pemain cadangan Hassan Yebda menyerang dengan kaki yang salah, memainkan bola hampir kembali ke posisi awalnya.

Andrea Dossena maju dari kiri dan mengumpan silang Cavani tetapi tendangannya melebar.

Pazienza kemudian dikeluarkan dari lapangan, agak kasar, karena menerima kartu kuning kedua, dua-duanya karena melakukan pelanggaran "handball".

Zlatan Ibrahimovic mencoba usaha akrobatik dari jarak tujuh yard yang ditepis De Sanctis pada saat-saat akhir.

Dan sebelum peluit paruh pertama berbunyi Christian Abbiati melakukan penyelematan satu tangan atas sundulan Lavezzi setelah umpan dari Hamsik.

Meskipun berkurang menjadi 10 pemain, Napoli menyerang usai turun minum.

Mamun Milan berbahaya dalam serangan balik dan tendangan melengkung Ibrahimovic seharusnya bisa lebih baik daripada hanya sampai pada tangan De Sanctis.

Pada pertengahan babak kedua Milan menyia-nyiakan serangan dua lawan dua saat umpan Ibrahimovic kepada Pato terlalu kuat dan De Sanctis menahan tembakan pemain asal Brazil tersebut.

Napoli kembali harus membayar buruknya pertahanan pada menit ke-71 saat Oddo menerobos di kanan dan mengumpan silang ke tengah tempat Ibrahimovic yang tanpa penjagaan menyarangkan hasil sundulannya dari jarak enam yard.

Lavezzi adalah duri bagi tim Milan sepanjang malam dan ketika melaju di kanan ia mampu melewati Sokratis Papastathopoulos dengan tendangan tumit mengumpan Cavani yang, mengalami malam yang buruk, tendangannya melebar.

Namun pada menit ke-78 dia kembali beradu bahu dengan Papastathopoulos dan setelah keduanya jatuh, Lavezzi mengatasi bola, pemain Argentina itu berhasil berdiri dengan cepat dan menjentikkan bola melewati Abbiati dan masuk setelah memantul mistar gawang. (F005/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010