Padang (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono dijadwalkan akan mengunjungi lokasi gempa dan gelombang pasang (tsunami) yang terjadi di Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada Rabu (27/10).

"Wapres Boediono dijadwalkan akan meninjau langsung lokasi bencana di Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, dengan menggunakan helikopter," kata Ketua DPRD Sumbar, Yultekhnil di Padang, Selasa.

Menurutnya, wapres selain meninjau langsung ke lokasi juga akan membawa bantuan yang dibutuhkan untuk korban gempa.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Selasa malam, bersama DPRD dan unsur muspida akan melakukan rapat koordinasi untuk membahas persiapan kunjungan Wapres serta langkah-langkah yang akan diambil untuk menangani korban gempa dan tsunami Mentawai.

Berdasarkan informasi terbaru dari Penanggulangan Bencana Wilayah Pagai Selatan, sebanyak 23 jenazah ditemukan di pinggir Pantai Desa Bulasok, Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Ratusan warga yang bermukim di pinggir Pantai Desa Muntai Baru-Baru dan Malokopok, berhadapan dengan Samudera Hindia itu, hingga kini belum diketahui nasibnya," kata Kepala Penanggulangan Bencana Wilayah Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Joskamatir, di Pagai Selatan, ketika dihubungi lewat telepon seluler dari Kota Padang.

Sementara data yang dilansir Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar sebanyak 103 orang warga Kabupaten Mentawai dinyatakan hilang hingga saat ini.

Selain korban jiwa dan kerusakan bangunan, gempa yang terjadi itu juga menyebabkan satu unit kapal pesisir hilang, serta satu unit kapal pesisir terbakar. (ANT-207/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010