Jakarta (ANTARA News) - Ganda putra unggulan kedua Markis Kido/Hendra Setiawan lolos dari hadangan pertama pada turnamen Denmark Terbuka Super Series dengan kemenangan ketat 21-17, 21-19 atas pasangan Jepang Naoki Kawamae/Shoji Sato.

Pasangan yang tampil bersama lagi setelah terakhir kali berlaga di Kejuaraan Dunia Agustus lalu itu, berjuang dalam pertarungan ketat selama 29 menit sebelum membukukan tempat di babak 16 besar turnamen berhadiah 200.000 dolar AS yang berlangsung di Odense, Denmark, Rabu.

"Mereka memang pasangan bagus. Pada All England yang lalu mereka berhasil memaksa kami bermain tiga game," kata Kido usai pertandingan.

Pasangan Jepang tersebut memimpin sejak awal game pembuka sebelum ganda Indonesia menyamakan kedudukan 11-11 saat mengumpulkan lima angka beruntun untuk membalik keadaan dan memimpin 14-11.

Sejak itu pasangan juara Olimpiade Beijing 2008 itu terus memimpin hingga memenangi game pertama 21-17.

Permainan semakin ketat pada game kedua ketika selisih angka kedua pasangan tidak pernah lebih dari tiga poin. Keduanya saling menyamakan kedudukan hingga 19-19 sebelum Kido/Hendra melakukan penyelesaian yang lebih baik dengan merebut dua angka terakhir.

"Lawannya bagus, tadi alot juga. Pukulan-pukulan kami juga belum pas semua," kata Hendra tentang pertandingan ketat tersebut.

Menurutnya, itu terjadi karena mareka masih penyesuaian dengan kondisi lapangan dan bola.

Pada putaran kedua, pasangan yang akan tampil pada Asian Games yang berlangsung di Guangzhou, China, 12-27 November itu akan menghadapi pemenang pertemuan antara Morten S Boedskov/Jacob Staael dari Denmark dengan pasangan Inggris Chris Adcock/Andrew Ellis yang belum bertanding.

Meski kedua pasangan tersebut harus melalui babak kualifikasi, Hendra mengatakan, bukan berarti mereka lebih mudah diatas dibanding pasangan yang mereka lawan pada putaran pertama.

"Pasangan Inggris itu lumayan, kalau yang Denmark belum pernah lihat," katanya.

Selain Kido/Hendra, pemain Indonesia yang sudah maju ke babak 16 besar adalah ganda campuran Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa.

Pasangan unggulan kedua itu mengalahkan Yohan Hadikusumo Wiratama/Tse Ying Suet dari Hong Kong 21-12, 21-11.

Sementara pasangan Tri Kusuma Wardana/Nadya Melati tersingkir dari turnamen tersebut setelah dikalahkan pasangan Jepang Noriyasu Hirata/Mizuki Fujii dengan skor ketat 29-20, 22-24. (F005/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010