Padang (ANTARA News) - PT Telkom Mentawai membuka layanan telepon gratis di Tuapejat, pascagempa berkekuatan 7,2 Scala Richter (SR) yang berpusat di Kecamatan Pagai Selatan Kabupaten Mentawai, Provinsi Sumatera Barat Senin (25/10) .

Roni, staf operasional PT. Telkom Mentawai saat dikonfirmasi, Rabu, mengatakan, program peduli dari PT.Telkom pusat ini disediakan untuk masyarakat yang ingin menghubungi keluarganya terkait musibah gempa dan tsunami Senin lalu.

Sarana itu juga bisa digunakan sebagai sarana komunikasi bagi para relawan kemanusiaan untuk berkoordinasi dengan daerah lainnya di luar Kabupaten Mentawai dan juga berkoordinasi dalam pemberian bantuan.

"Akses komunikasi di Mentawai memang sulit, terlebih saat Telkomsel tidak berfungsi di Tuapejat dalam beberapa hari ini. Jadi inilah wujud kepedulian Telkom dalam membantu masyarakat," katanya.

Telkom memasang tiga unit jaringan telepon gratis. Dua unit ditempatkan pada posko tanggap darurat di Kantor Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubkominfo) Mentawai di Dermaga Tuapejat KM 0 dan satu unit pada kantor PT. Telkom Mentawai di Tuapejat KM 4.

"Kita buka layanan ini 24 jam nonstop, dan di sini ada petugas penjaganya. Layanan ini kita lakukan selama masa tanggap darurat sampai dua pekan mendatang," pungkasnya.

Hingga Selasa pagi, jaringan komunikasi melalui telepon seluler ke Pagai Selatan dan Pagai Utara putus, sehingga informasi mengenai dampak bencana di daerah tersebut sulit didapatkan.

Telepon seluler hanya bisa digunakan di Desa Sikakap Kecamatan Pagai Selatan. Itupun hanya di daerah tertentu saja.
(ANT264/A027)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010