Gunung Kidul (ANTARA News) - Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,0 Skala Richter bersumber di dekat Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis pukul 08.39 WIB dipastikan tidak mengakibatkan jatuh korban.

"Kami belum mendapat laporan ada warga yang menjadi korban akibat gempa tadi pagi," kata Camat Panggang, Bambang Riyanto, di Gunung Kidul.

Dia mengatakan, meskipun gempa terasa di wilayah ini namun semua aktivitas terutama di kantor Kecamatan Panggang berjalan normal seperti biasa.

"Saya pastikan tidak ada korban akibat gempa tersebut terutama di wilayah Kecamatan Panggang," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Kantor Kesatuan Bangsa, Politik, Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Gunung Kidul, Sumaryadi, mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan ancaman bencana alam yang dapat terjadi setiap saat.

"Kabupaten Gunung Kidul merupakan wilayah rawan bencana, baik itu gempa bumi, tsunami dan tanah longsor serta tanah ambles untuk itu masyarakat untuk lebih waspada, khususnya yang berada di daerah rawan bencana," katanya.(*)

ANT/AR09


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010