Jakarta (ANTARA News) - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan menyerahkan bantuan senilai Rp1 miliar untuk korban letusan gunung Merapi, Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai tahap awal bentuk kepedulian partai tersebut.

Siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat, menyebutkan, penyerahan bantuan itu dilakukan di tiga posko penampungan pengungsi di Magelang, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Luthfi mengatakan, sumbangan tahap awal bantuan DPP PKS itu diputuskan setelah menginstruksikan kader-kadernya di seluruh Indonesia untuk menyisihkan sebagian rezeki yang didapatnya guna membantu korban bencana alam, baik Merapi, Mentawai Sumatera Barat, maupun Wasior, Papua Barat .

Menurut Luthfi, dalam musibah Merapi, sejumlah kader PKS ikut menjadi korban, sementara rumah mereka yang berada di sekitar Merapi rusak berat sehingga tidak dapat ditempati lagi.

Sebelum menyerahkan bantuan, Kamis (28/10), Luthfi dan para pengurus DPP PKS melakukan takziah ke keluarga almarhum Mbah Maridjan.

Salah seorang putri Mbah Maridjan, Sulami, merupakan kader PKS.

Sedianya rombongan DPP PKS akan menghadiri prosesi pemakaman Mbah Maridjan, namun karena pesawat mereka terlambat terbang niat tersebut tidak terlaksana.

Luthfi mengajak semua pihak, terutama kader-kader PKS membantu meringankan beban para korban bencana alam.

Luthfi juga menghargai upaya pemerintah, baik pusat maupun daerah yang cukup tanggap, namun dia berharap pemerintah memantau betul tahapan pemulihan bencana agar proses rehabilitasi bisa berjalan cepat.(*)

A041/A011/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010