Jakarta (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan memberikan bantuan pakaian dan makanan untuk korban bencana letusan Gunung Merapi di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bantuan tersebut diserahkan Ketua Bidang Kesehatan dan Tenaga Kerja DPP PDI Perjuangan, Ribka Tjiptaning, yang didampingi pengurus DPD PDI Perjuangan Daerah Istimewa Yogyakarta, Eko Suwanto dan Antonio Supardi, melalui posko utama Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Jumat.

Bantuan berupa selimut, kain sarung, handuk, sabun mandi, dan mi instan, diterima oleh tim tanggap darurat bencana alam letusan Gunung Merapi dari Kabupaten Selaman.

Pada kesempatan tersebut, Ribka Tjiptaning mengatakan, bantuan diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang menjadi korban letusan Gunung Merapi.

Menurut dia, sehubungan kebijakan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang menetapkan penyaluran bantuan untuk para pengungsi korban letusan gunung merapi melalui satu pintu yakni Pemerintah Kabupaten Sleman, maka bantuan diserahkan melalui posko utama di Kecamatan Pakem, Sleman, untuk disampaikan langsung kepada para pengungsi.

"Saya berharap pemerintah pusat bertindak cepat dalam menangani bencana alam dan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah sehingga penanganannya bisa lebih optimal," katanya.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI meminta agar pemerintah pusat bisa lebih optimal dalam menangani bencana alam, baik pada masa tanggap darurat, maupun masa rehabilitasi dan rekonstruksi.

Pengurus DPD PDI Perjuangan DI Yogyakarta, Eko Suwanto menambahkan, agar seluruh jajaran partai menjalankan fungsi satgas serba guna.

Dirinya meminta, jajaran pengurus partai untuk membantu pengungsi korban bencana alam letusan Gunung Merapi sekaligus bekerja sama dengan jajaran polisi hansip untuk menjaga agar desa-desa yang ditinggalkan warganya untuk mengungsi tetap aman.

Menurut dia, untuk memberikan bantuan kepada pengungsi korban letusan Gunung Merapi, PDI Perjuangan membuka posko di kantor DPD PDI Perjuangan DI Yogyakarta serta di membuka posko di Mangukan Kecamatan Pakem yang dikelola DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sleman.

"Posko ini didukung oleh tim kesehatan yang bertugas secara mobile membantu warga," katanya.

Menurut Eko, Ribka Tjiptaning memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat memberikan bantuan dan dukungan dalam penanganan bencana alam letusan Gunung Merapi di Yogyakarta. (R024/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010