Kulon Progo (ANTARA News) - Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, diselimuti hujan abu vulkanik dari letusan dan awan panas Gunung Merapi, Sabtu.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) Kabupaten Kulon Progo Riyadi Sunarto, di Wates, mengatakan, pemerintah kabupaten akan membagikan 10 ribu masker kepada warga masyarakat bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat.

"Hari ini kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan agar petugas puskesmas di 12 kecamatan di kabupaten ini membantu membagikan masker kepada warga masyarakat," katanya.

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo mengimbau warga untuk menggunakan masker atau sapu tangan, guna mencegah kemungkinan masuknya abu vulkanik ke hidung maupun mulut yang bisa mengganggu pernapasan.

"Kami mengimbau warga masyarakat, baik yang sedang bepergian maupun yang berada di rumah untuk menggunakan masker agar tidak terjadi gangguan pernapasan. Apabila ada warga yang terserang gangguan pernapasan, segera dibawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan," katanya.

Sementara itu, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Kulon Progo sudah dikerahkan guna membantu para korban bencana Gunung Merapi, sehingga kekurangan petugas untuk membagikan masker bagi warga Kulon Progo.

"Kami mengharapkan peran dan kerja sama semua warga sehingga dapat meminimalisir kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Menurut dia, saat ini kondisi udara Kulon Progo agak gelap sehingga kendaraan bermotor terlihat menyalakan lampu, karena jarak pandang pengemudi menjadi dekat.

Sebelumnya Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Budi Waluyo mengatakan langit Kulon Progo agak gelap, tetapi bukan karena mendung. "Ini lebih disebabkan karena hujan abu vulkanik dari letusan dan awan panas Gunung Merapi," katanya.

Sedangkan cuaca Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menurut dia untuk Sabtu diprakirakan hujan sedang.

Ia menyebutkan prakiraan suhu rata-rata di DIY sepanjang Sabtu antara 24 hingga 32 derajat Celsius. Sementara itu, kelembaban udara berkisar antara 58 hingga 93 persen.
(ANT159/M008)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010