Padang (ANTARA News) - Korban gempa dan tsunami di desa Bosua dan Beriulou, Kecamatan Sipora Selatan, Kepulauan Mentawai belum tersentuh bantuan maupun  tempat evakuasi yang memadai.

Wakil Ketua DPRD Mentawai, Nikanor Saguruk, Sabtu  mengatakan korban masih berswadaya untuk mendirikan tenda sederhana di bukit-bukit.

"Saya sudah memberitahukan kondisi tersebut kepada Bupati melalui telepon karena pengungsi membutuhkan selimut, makanan, minuman, tenda dan obat-obatan," ujarnya di Tuapejat, pusat pemerintahan Kabupaten Kepulauan Metawai.

Nikanor juga mendesak bupati agar bantuan-bantuan yang saat ini tertumpuk di Sikakap dapat segera dikirimkan ke Tuapejat, sehingga dari sana, bantuan itu dapat segera didistribusikan kepada korban gempa di kecamatan Sipora Selatan.

Sementara itu  Wakil Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet mengatakan pendistribusian bantuan dari luar baru  dilakukan pada Sabtu (30/10) yaitu dari posko tanggap darurat Tuapejat yang rencananya akan dikirimkan kepada masyarakat korban gempa di Sipora Selatan.

"Saat ini kita tengah mempersiapkan bantuan berupa 3 ton beras , mie instan, makanan ringan, selimut, tenda dan obat-obatan yang merupakan bantuan dari Bupati Pesisir Selatan dan kita akan kirimkan langsung ke Sipora Selatan," katanya.

Yudas menjanjikan, bantuan dari luar yang saat ini terfokus pada posko induk di Sikakap akan segera disalurkan.
(ANT-266//A011)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010