Jakarta  (ANTARA News) - Forum Umat Islam (FUI), yang merupakan gabungan dari puluhan ormas Islam di Tanah Air, akan melakukan unjukrasa di depan Istana Negara, terkait  serangan Israel ke Jalur Gaza yang telah menewaskan lebih dari 1.300 orang.

Menurut informasi Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya di Jakarta, Jumat pagi, aksi tersebut akan dimulai setelah waktu ibadah shalat Jumat atau sekitar pukul 13.00 WIB.

Sebelum menuju Istana di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, para pendemo akan berkumpul di sekitar Bundaran Hotel Indonesia.

Selanjutnya, massa FUI akan melakukan aksi "long march" atau pawai menuju Istana untuk menyampaikan aspirasinya.

FUI menggelar aksi solidaritas terhadap perjuangan bangsa Palestina agar rakyat Indonesia tidak melupakan dampak kerusakan yang telah ditimbulkan oleh serangan serdadu Israel ke Jalur Gaza yang dikuasai pejuang Hamas.

Serangan 22 hari Israel ke Gaza telah menewaskan 1.330 orang dan mencederai 5.450 orang, kata petugas medis, seperti dikutip kantor berita AFP.

Selain itu, pemerintahan di Jalur Gaza yang dipimpin Hamas itu juga menyatakan akan membayar kompensasi 1.000 euro kepada keluarga korban tewas dan 4.000 euro bagi setiap rumah yang hancur akibat serangan.

"Kompensasi sebesar 500 euro juga diberikan kepada setiap korban yang cedera dan 2.000 euro bagi keluarga yang rumahnya rusak," kata jurubicara pemerintah, Taher Al-Nunu, pada Kamis (22/1).

TMC juga menginformasikan bahwa selain aksi FUI, juga terdapat unjuk rasa oleh massa yang tergabung dalam "Migrant Justice" di depan Kedutaan Besar Arab Saudi di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, pada sekitar pukul 14.00 WIB. (*)

Copyright © ANTARA 2009