Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertolak menuju Provinsi Jawa Tengah untuk meninjau penanganan bencana letusan Gunung Merapi.

Presiden didampingi Ani Yudhoyono dijadwalkan meninggalkan Jakarta melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa, pada pukul 14.00 WIB.

Pesawat Kepresidenan Boeing 737-500 yang membawa rombongan dijadwalkan mendarat di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah.

Setibanya di Bandara Ahmad Yani, Presiden akan menyimak paparan penanganan bencana dari Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo.

Setelah itu Kepala Negara dan rombongan antara lain Menko Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Panglima TNI Agus Suhartono, dan Kapolri Timur Pradopo akan menempuh jalan darat dari Semarang menuju Yogyakarta.

Presiden direncanakan menginap di Gedung Agung, Kompleks Istana Kepresidenan Yogyakarta, dan menurut informasi sementara akan mengadakan rapat terbatas pada Selasa malam.

Pada Rabu pagi, Presiden dijadwalkan meninjau posko pengungsian Purbowinangun dan posko utama Merapi di Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Presiden juga akan meninjau posko pengungsian di Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dan setelah itu kembali ke Jakarta melalui Bandara Ahmad Yani, Semarang.
(D013/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010