Pergi ke Bandung mampir ke Braga, Lihat bunga banyak yang mekar, Ayo makan buah Nusantara, Agar tubuh menjadi sehat dan bugar
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengajak masyarakat Indonesia untuk membeli dan mengonsumsi buah Nusantara.

"Saya Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk bangga membeli dan mengonsumsi aneka ragam buah Nusantara," ujar Sandiaga dalam video sambutannya di pembukaan Gelar Buah Nusantara 2021 di Jakarta, Senin.

Menparekraf mengajak masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi buah Nusantara dalam rangka untuk menjaga daya imunitas tubuh.

"Pergi ke Bandung mampir ke Braga, Lihat bunga banyak yang mekar, Ayo makan buah Nusantara, Agar tubuh menjadi sehat dan bugar," kata Sandiaga berpantun.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan perhelatan Gelar Buah Nusantara (GBN) 2021 merupakan momentum kebangkitan buah Nusantara yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Menko Airlangga berharap kegiatan tersebut menjadi ajang promosi dan sosialisasi secara luas, termasuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi buah Nusantara.

Airlangga menyampaikan pertanian merupakan sektor terbesar kedua setelah industri pengolahan dan tetap konsisten tumbuh, baik pada 2020 maupun di triwulan kedua 2021 yang tumbuh 0,38 persen karena musim panen masuk di kuartal pertama.

Permintaan terhadap buah-buahan di masa pandemi COVID-19 juga meningkat, baik di dalam maupun di luar negeri seiring manfaatnya untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Hortikultura, kata Airlangga, adalah subsektor yang mempunyai potensi untuk terus didorong. Pemerintah juga terus mendorong dan menggenjot ekspor hortikultura, serta menyelesaikan berbagai regulasi yang menghambat.

Baca juga: Erick Thohir: Mengonsumsi buah Nusantara, kepedulian bagi petani

Baca juga: Presiden Jokowi: Indonesia punya banyak buah tapi konsumsinya rendah

Baca juga: Gelar Buah Nusantara ajang kebangkitan komoditas buah dan ekonomi

Baca juga: Tingkatkan ekspor, Kementan perkuat budi daya varietas buah tropis

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021