Sandiaga tinjau vaksinasi di bandara Soetta

Sandiaga tinjau vaksinasi di bandara Soetta

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meninjau vaksinasi di bandara Soetta, Senin (9/8/2021). ANTARA/Kemenparekraf

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meninjau sentra vaksinasi di Terminal 3 (T3) Bandara Soekarno Hatta (Soetta) sebagai salah satu upaya menyukseskan program vaksinasi nasional.

“Hari ini saya mengapresiasi gerak bersama dari AP (Angkasa Pura) II, Traveloka, dan Kemenkes (Kementerian Kesehatan). Untuk mencapai herd immunity, tidak bisa dikerjakan sendiri-sendiri, butuh kolaborasi bersama,” ujar dia dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin.

Lebih lanjut, dia menerangkan bahwa upaya vaksinasi ini ditujukan untuk mencapai dua juta dosis per hari, sebagaimana yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Menko Luhut tinjau sentra vaksinasi di Bandara Soetta

Program vaksinasi di T3 Bandara Soetta merupakan kolaborasi antara Traveloka, Kemenkes, dan PT Angkasa Pura II. Program ini menyukseskan vaksinasi nasional dosis kedua dengan target 14 ribu dosis.

Sandiaga mengatakan bahwa kehadiran sentra vaksin di bandara menjadi langkah inovasi, sehingga dapat mempermudah baik wisatawan atau masyarakat di sekitar dapat melakukan perjalanan.

Saat ini, dinyatakan pemerintah sedang menyiapkan integrasi aplikasi PeduliLindungi dengan data vaksinasi dari semua daerah.

Ke depan, ujar Sandi, mobilitas penduduk seperti ke restoran, tempat wisata, dan tempat publik, akan bergantung pada status vaksinasinya dan wajib menunjukkan sertifikat vaksin.

Baca juga: 24,2 juta penduduk Indonesia dapatkan vaksin COVID-19 dosis lengkap

“Sentra vaksin di bandara ini perlu diapresiasi, karena tidak banyak bandara di luar negeri yang menghadirkan sentra vaksinasi,” sebut dia.

Menparekraf menyampaikan bahwa akselerasi vaksinasi di tanah air terus ditingkatkan. Stok obat-obatan, dosis vaksin, dan oksigen juga semakin tersedia.

Karena itu, dengan terus bermunculan sentra vaksinasi, diharapkan masyarakat bisa mencapai kekebalan komunal serta perekonomian kembali pulih demi terciptanya lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya.

“Data dari Wisma Atlet tongkat keterisiannya menjadi 20 persen. Ini suatu sinyal baik, namun kita tidak boleh lengah. Kita harus fokuskan kebangkitan kita dengan didukung oleh sektor kesehatan,” katanya.

Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau sentra vaksinasi hadir bersama Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, Co-Founder Traveloka Albert Zhang, Direktur Operasi dan Pelayanan PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Wasid, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Soetta Dharmawali Handoko, serta Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis Kemenparekraf Henky Manurung.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sandi Uno sebut tak ada penyekatan, syaratnya vaksinasi lengkap

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar