Jakarta (ANTARA News) - Kembang Mayang Raksasa setinggi 6,6 meter dengan lebar 4,2 meter masuk dalam rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) dalam Festival Bunga 2010 di Pasar Bunga Rawa Belong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Kepala UPT Pasar Rawa Belong, Mulyadi, Kamis, mengatakan, diperlukan sebanyak 4.000 helai batang janur untuk membuat dua janur raksasa tersebut. Pembuatan kembang mayang tersebut dimulai sejak Rabu (3/11) mulai pukul 07.00 wib, hingga selesai Kamis (4/11) pukul 07.00 wib.

"Pengerjaannya dilakukan oleh 60 perajin penjor. Kegiatan yang berlangsung selama lima hari ini, menargetkan sebanyak 3.000 pengunjung," kata Mulyadi di Pasar Rawa Belong.

Ide Dinas Kelautan dan Pertanian menggelar festival bunga 2010 bertempat di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta Barat sebagai langkah nyata untuk menampilkan potensi kekayaan bunga dan tanaman hias sebagai daya tarik wisata agro, katanya.

Selain pemecahan rekor MURI, festival tersebut juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba merangkai bunga dan kursus gratis merangkai bunga.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta, Tatiek Fauzi Bowo berharap kreatifitas dan inovasi para florist serta para pedagang dan pelaku usaha bunga tidak berhenti dalam kegiatan ini saja, tetapi terus berlanjut dan berkembang.

Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Ipih Ruyani menambahkan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi bagi anak-anak dan remaja khususnya, untuk lebih mengenal dan mencintai bunga/tanaman hias sebagai kekayaan alam nusantara .

"Festival Bunga 2010 sebagai potensi nilai ekonomi dan sekaligus sebagai ajang mengasah keterampilan dan kreativitas para pelaku bisnis tanaman hias," katanya.
(ANT-009/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010