Sejauh ini pergerakan rupiah masih sama sentimen pelemahannya yaitu isu tapering dan COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta melemah pada hari pertama perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Rupiah ditutup terkoreksi 20 poin atau 0,14 persen ke posisi Rp14.383 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.363 per dolar AS.

"Sejauh ini pergerakan rupiah masih sama sentimen pelemahannya yaitu isu tapering dan COVID-19," kata Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Isu pengetatan stimulus atau tapering yang digulirkan pekan lalu oleh Wakil Gubernur Federal Reserve (Fed) Richard Clarida masih berlanjut pada pekan ini karena isu tersebut mendapatkan dukungan dari membaiknya data tenaga kerja AS versi pemerintah yang dirilis pada Jumat (6/9) malam pekan lalu.

Semalam Presiden The Fed cabang Boston Eric Rosengren juga mengungkapkan tapering berpeluang dimulai akhir tahun ini.

Baca juga: Dolar AS alami kenaikan karena euro dan pounds melemah

"Isu tapering yang mengurangi likuiditas dolar AS di pasar, mendorong penguatan dolar AS," ujar Ariston.

Selain itu peningkatan kasus COVID-19 di dunia juga menjadi kekhawatiran pelaku pasar yang mendorong mereka keluar dari aset berisiko. Kasus baru di AS sudah kembali menembus angka di atas 100 ribu.


"DI Tanah Air sendiri, kasus COVID terlihat mengalami penurunan, tapi penerapan PPKM yang masih berlanjut memberikan tekanan ke rupiah karena potensi pelambatan ekonomi," kata Ariston.

Pemerintah kembali memutuskan untuk memperpanjang PPKM level 4, 3, dan 2, di wilayah Jawa-Bali pada 10-16 Agustus 2021.

Alasan perpanjangan masa PPKM level 4, 3, dan 2, adalah karena kebijakan sebelumnya yang dilakukan pada 2-9 Agustus di Jawa Bali menunjukkan hasil yang cukup positif.

Baca juga: BI keluarkan peraturan baru, sempurnakan ketentuan pasar uang

Jumlah kasus harian COVID-19 di Tanah Air pada Selasa (10/8) mencapai 32.081 kasus sehingga total jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 3,72 juta kasus.

Sedangkan jumlah kasus meninggal akibat terpapar COVID-19 bertambah 2.048 kasus sehingga totalnya mencapai 110.619 kasus.

Sementara itu sebanyak 3,17 juta orang telah dinyatakan sembuh sehingga total kasus aktif COVID-19 mencapai 437.055 kasus.

Rupiah pada pagi hari dibuka melemah ke posisi Rp14.375 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp14.375 per dolar AS hingga Rp14.401 per dolar AS.

Sementara itu kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Selasa melemah ke posisi Rp14.397 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp14.378 per dolar AS.

Baca juga: IHSG ditutup merosot, pasar khawatir pemulihan ekonomi triwulan III
 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021