Jakarta (ANTARA News) - Wakil Menteri Pendidikan Nasional Prof Dr Fasli Djalal yang mewakili Mendiknas Muhammad Nuh secara resmi membuka perhelatan ASEAN Primary School Sport Olympiad (APSSO) IV/2010 di Jakarta, Kamis.

Event olahraga Olimpiade Tingkat Sekolah Dasar ASEAN yang mempertandingkan lima cabang unggulan itu akan berlangsung hingga 9 November mendatang.

"Kami harapkan seluruh anggota kontingen dapat bertanding dengan sungguh-sungguh, menjunjung tinggi sportivitas dan mengutamakan rasa persahabatan dan kesatuan diantara negara anggota ASEAN," ujar Fasli Djalal.

APSSO IV/2010 bakal diikuti sekitar 300 atlet dan ofisial dari tujuh negara peserta yakni Indonesia, Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia, Brunei Darusalam dan Filipina.

Sedangkan cabang yang dipertandingkan adalah atletik, bulutangkis, sepakbola, tenis meja dan catur yang menyediakan 22 medali emas.

Fasli Djalal menambahkan perhelatan APSSO merupakan ajang untuk membangun sebuah fondasi regional yang pada suatu saat bisa tampil menjadi kekuatan.

"Kita tengah membangun sebuah kekuatan dan persahabatan regional melalui berbagai bidang termasuk olahraga bagaikan fondasi batu-batu yang disusun sebagai sebuah kekuatan regional yang bernama Asia Tenggara," ujarnya.

Penduduk negara ASEAN, lanjut Fasli Djalal, saat ini berjumlah 600 juta jiwa. Jika persekutuan negara ASEAN sudah berubah menjadi "ASEAN Plus" dengan bergabungnya China, Korea dan Jepang maka kawasan ini sudah memiliki dua sampai tiga miliar penduduk, apalagi jika India juga bergabung.

"Ini berarti sudah separuh penduduk dunia berada di kawasan ini. Para atlet yang tampil di APSSO ini kita harapkan menjadi para pemimpin pada era 15, 20 atau 35 tahun ke depan. Apa yang mereka jalani hari ini akan membekas selamanya," ujar Fasli Djalal.

Upacara pembukaan APSSO diisi dengan sejumlah kesenian khas daerah diantaranya Rampak Gendang SMA 8 Jakarta, Tari Lalu Lintas SDN 11 Kebayoran Lama Jakarta Selatan serta koor Mars dan Hymne APSSO yang dibawakan siswa-siswa SD Ciracas Jakarta Timur yang memukau sekitar 500 hadirin di Puri Agung Hotel Sahid Jaya Jakarta.(*)
(ANT-132/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010