Padang (ANTARA News) - RCTI peduli menyerahkan bantuan kemanusian untuk korban bencana tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) senilai Rp45 juta dalam bentuk perlengkapan sekolah.

Bantuan yang diserahkan pimpinan rombongan pemirsa RCTI, Hartawan Harry Permadi, diterima langsung Wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim di gubernuran, Kamis.

Bantuan senilai Rp45 juta itu, terdiri dari 500 lembar kain sarung, 300 lembar selimut, 340 lembar tikar plastik, tas sekolah sebanyak 320 buah dan 1.500 buku tulis.

Wagub Sumbar, Muslim Kasim dalam kesempatan itu, atas nama Pemprov Sumbar menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian pemirsa RCTI atas musibah yang menimpa saudara-saudara kita di Mentawai.

Kepedulian dan rasa kebersamaan ini hendaknya terus meningkat untuk kejayaan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bantuan ini, tambah Muslim, akan segera diserahkan kepada yang berhak di lokasi bencana tsunami Mentawai, semoga bantuan ini dapat meringakan beban para korban dan masyarakat Mentawai.



Terus Mengalir

Bantuan untuk musibah gempa bumi dan tsunami Kabupaten Mentawai saat ini frekuensinya masih tinggi, dan terus mengalir dan bantuan diterima dari Carrefour Indonesia melalui Sumatera Selatan.

Hal itu disampaikan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Surya Dharma Sabirin ketika menerima bantuan di Kantor Gubernur Sumbar, pada 4 November 2010.

Menurut dia, bantuan yang diberikan senilai Rp1,4 miliar untuk korban tsunami Mentawai dan korban Gunung Merapi Jogyakarta berupa kebutuhan dasar balita, perlengkapan anak-anak, wanita, sandang pangan dan obat-obatan serta bentuk lainnya yang diangkut dengan truk.

"Fokus kita selama tanggap darurat penyaluran bantuan, sehingga bantuan yang diterima dari pihak penyumbang, tentu harus benar-benar tersalurkan kepada yang berhak menerimanya," katanya.

Namun, dalam pelaksanaannya pendistribusiannya dihadapkan masalah cuaca yang sering berubah-rubah, bahkan ekstrim sehingga menjadi kendala dalam penyaluran ke Mentawai.

Walaupun demikian, katanya, pemerintah provinsi akan tetap mendistribusikan bantuan secara baik melalui para relawan dan personil TNI dan Polri.

Perwakilan PT. Carrefour Indonesia, Tony Afrizal menyampaikan turut berduka yang sedalamnya atas musibah yang menimpa warga di Kabupaten Mentawai.

Justru itu, bentuk keprihatinan dan kepedulian pihaknya menggangarkan bantuan senilai Rp1,4 miliar untuk disalurkan ke korban tsunami Mentawai dan korban letusan Gunung Merapi.

"Kami menyalurkan bantuan ini lewat gerai yang terdekat di wilayah Palembang, Sumatera Selatan. Bantuan yang disalurkan sekaligus dari Pemprov Sumsel, meliputi sembako, makanan bayi, pakaian dan alas kaki, peralatan kebersihan, kasur, selimut yang juga dilepas oleh Gubernur Sumsel," jelasnya.(*)

(T.KR-SA/J006/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010