Mumbai (ANTARA News/AFP) - Presiden AS Barack Obama Sabtu mengunjungi bekas rumah pahlawan kemerdekaan India di Mumbai Mahatma Gandhi dan berbicara tentang "inspirasi" dari orang itu yang telah disebutnya sangat berpengaruh secara pribadi.

Obama dan istrinya, Michelle, menghabiskan waktu melihat-lihat perpustakaan yang berderet dengan buku-buku hukum milik mantan pengacara itu, yang kemudian menjadi pemimpin gerakan kemerdekaan melawan kekuasaan kolonial Inggris.

Obama juga melihat pemintalan tenun yang dikatakan digunakan Gandhi ketika ia tinggal di rumah tersebut saat kunjungannya ke kota itu antara 1917-1934. Presiden AS itu juga membaca tulisan-tulisan di banyak artefak yang dipamerkan.

"Saya penuh harap dan inspirasi karena saya mendapat kesempatan istimewa untuk mengunjungi wasiat Gandhi ini," tulis Obama di buku tamu. "Dia pahlawan tidak hanya bagi India tetapi juga bagi dunia."

Presiden, yang tiba di Mumbai untuk bagian pertama dari tur empat negara Asia Sabtu siang, menyebutkan reputasi nama Gandhi pada pidato hadiah Nobel perdamaiannya dan menyimpan potret dirinya di kantor Senat AS.

Rumah tersebut, Mani Bhavan, juga dimana pemimpin hak-hak sipil AS Martin Luther King -- figur lain yang dikatakan Obama telah membentuk pandangan politik dan ideologinya -- tinggal di Mumbai lebih dari setengah abad lalu.

Obama berhenti beberapa lama di patung perunggu dada Gandhi, yang dikelilingi bunga penghormatan untuk kesempatan itu dan melihat tanda tangan Dr King pada salah satu buku tamu.

"Cukup keren. 1959," katanya. "Buku luar biasa." Obama berbicara kepada petugas museum ketika ia meninggalkan perpustakaan dan mengatakan kepada mereka ia akan kembali suatu waktu bersama dengan dua orang anak perempuannya, Malia dan Sasha. (ANT/K004/TERJ)

Penerjemah: Kunto Wibisono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010