Lampung sudah membaik, hanya perlu kita tekan lebih rendah lagi
Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto mengapresiasi penanganan COVID-19 di Provinsi Lampung.

"Alhamdulilah Lampung sudah membaik, hanya perlu kita tekan lebih rendah lagi. Tadi saya juga sudah meninjau di daerah perkotaan di Lampung mobilitasnya masih tinggi, hingga harus dikurangi, jadi saya minta bantuannya kepada Kapolda dan Danrem untuk membantu pencegahan mobilitas," ucap Airlangga Hartarto di Bandarlampung, Jumat.

Pada kesempatan tersebut, Airlangga Hartarto yang juga Menko Perekonomian itu juga menekankan pentingnya penerapan 3M, terutama penggunaan masker.

Baca juga: KPC-PEN : 8 juta vaksin Sinovac kembali datang Selasa

"Sesuai arahan Presiden, minimal penggunaan masker harus diperketat," katanya.

Ia juga sudah meninjau posko di Desa Negara Ratu, Natar Lampung Selatan di sana sudah dijelaskan oleh petugas kesehatan dan Babinsa terkait tracing.

"Jadi kalau ada yang kena, dilakukan pelacakan ke tempat lain kemudian di tes juga, jadi sudah sangat baik," tuturnya.

Baca juga: PAEI Lampung sebut perlu penguatan deteksi dini kendalikan COVID-19

Baca juga: Kapolda Lampung tegaskan penanganan COVID kepada pejabat baru dilantik


Kemudian terkait isolasi terpusat, Menko menyampaikan bahwa Presiden telah menyiapkan Kapal Pelni dan pembiayaan sudah dibayar pusat, sehingga daerah tinggal menyiapkan tenaga kesehatan.

"Saya lihat Lampung memiliki Pelabuhan Panjang, sehingga sangat bisa untuk dilakukan isolasi terpusat, tinggal menyiapkan tenaga kesehatan, kalaupun tidak ada kami akan siapkan, jadi pemerintah tinggal terima bersih, gratis," ucapnya.

Airlangga kembali menyatakan arahan Presiden terkait penanggulangan COVID-19 di Lampung yang masih perlu ditekan yakni, pencegahan mobilitas, penggunaan masker, testing dan tracing, dan terakhir vaksinasi, dan tentu saja pemulihan ekonomi.

Baca juga: Rektor UIN Lampung mengajak masyarakat tidak takut divaksin

Baca juga: Dinkes: Jumlah pasien sembuh COVID-19 di Lampung bertambah 404 orang

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021