Targetnya tahun ini 12 juta UMKM bisa tersambung dan tahun depan akan kami terus tingkatkan tahun depan dan tahun-tahun selanjutnya.
Jakarta (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) menargetkan 60 juta usaha mikro kecil menengah (UMKM) terhubung dengan platform keuangan digital dalam tiga tahun melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan digital banking.

"Targetnya tahun ini 12 juta UMKM bisa tersambung dan tahun depan akan kami terus tingkatkan tahun depan dan tahun-tahun selanjutnya," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam diskusi virtual di Jakarta, Jumat.

Saat ini, ia mengatakan delapan juta UMKM  berhasil tersambung dengan platform digital.

Baca juga: BI: Sinergi kebijakan fokus garap sektor prioritas dan berdaya tahan

Perry pun berkomitmen akan terus mengembangkan UMKM  berkoordinasi dengan pemerintah dan institusi lain.

Di sisi lain, bank sentral turut mendukung elektronifikasi bantuan sosial (bansos), moda transportasi, hingga operasi keuangan pemerintah daerah (pemda) saat ini.

BI fast payment juga sedang dibangun untuk menggantikan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) yang belum mengadopsi teknologi digital 24 jam.

Baca juga: Teten Masduki: Digitalisasi mempercepat perluasan pembiayaan UMKM

Perry menargetkan BI fast payment mulai diluncurkan pada akhir tahun ini atau awal tahun depan dan selanjutnya akan berproses dalam tiga tahapan.

"Dengan demikian, transaksi ritel memakai QRIS akan langsung bisa diselesaikan  seketika itu, jadi sistemnya 24 jam," katanya.

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021