Sikakap (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informasi, Tifatul Sembiring mengatakan, keberangkatan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno ke Jerman adalah untuk promosi daerah kepada para investor asing termasuk investor untuk program rehabilitasi Mentawai pascatsunami.

Beliau (Irwan, red) ke Jerman mencari investor termasuk investor rehabilitasi Mentawai, katanya saat berkunjung ke Sikakap, Selasa.

Kepergian Irwan ke Jerman, menjadi sorotan tajam banyak kalangan baik di Sumbar maupun tingkat nasional, karena dilakukan saat pelaksanaan tanggap darurat pascagempa diikuti tsunami yang melanda Kepulauan Mentawai menyebabkan 448 orang tewas dan puluhan ribu mengungsi.

Menurut Tifatul yang juga kader PKS dan sama dengan Irwan itu, tidak mungkin dana rehabilitasi Mentawai pascatsunami dibiayai dana pemerintah daerah dan pusat saja.

Tetapi dibutuhkan juga dana dari investor asing untuk membantu pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana tersebut, tambahnya.

Meski demikian, Tifatul menilai, kunjungan Irwan Ke Jerman bukan pada waktu yang tepat, karena Sumbar tengah dilanda duka dengan terjadi tsunami di Mentawai.

Dalam kunjungannya ke Sikakap, Tifatul Sembiring memberikan bantuan 37 unit handphone (HP) satelit kepada Pemerintah Kabupaten setempat, untuk membantu sarana komunikasi pascatsunami di daerah itu.

37 HP satelit itu telah diserahkan kepada Bupati Mentawai untuk dibagikan kepada para camat dan pihak terkait lainnya di kepulauan ini, katanya.

Menurut dia, HP satelit sangat dibutuhkan di daerah kepulauan seperti Mentawai yang masih belum seluruh wilayahnya terjangkau layanan komunikasi telepon dan seluler.

Asal nampak langit, HP satelit bisa digunakan untuk berkomunikasi, tambahnya.

HP satelit diberikan kepada Pemkab Mentawai juga untuk mendukung pelaksanaan tahap rehabilitasi dan rekonstruksi daerah ini pascatsunami, kata Tifatul.

Selain membantu HP satelit, Menkominfo juga memberikan bantuan lima unit televisi indovision sumbangan dari MNC grup yang akan ditempatkan tiga unit di ibukota Tua Pejat dan dua unit di Sikakap.

Sebelumnya menuju Mentawai, Tifatul memimpin penghimpunan dana peduli untuk korban tsunami dari para pengelola stasiun televisi dan proveder telepon seluler di Indonesia.

Dalam penghimpunan dana selama 30 menit berhasil dikumpulkan dana mencapai Rp2 miliar yang segera akan diserahkan kepada Pemkab Mentawai. (*)

(H014/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010