Jakarta (ANTARA News) - Baru mengenal teknik membatik tidak lebih dari lima menit, Ibu Negara Amerika Serikat Michelle Obama sudah penasaran ingin menyelesaikan karya batik pertamanya.

"I want to finish mine (Saya ingin menyelesaikan punya saya)," kata Michelle di Wisma Negara, Jakarta, Selasa malam, ketika diminta menunjukkan karya batiknya kepada para wartawan.

Di saat suaminya, Barack Obama sibuk membahas mengenai kemitraan komprehensif RI-AS bersama dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Michelle duduk membatik bersama dengan Ibu Ani Yudhoyono.

Dengan dipandu oleh Ny. Ari dari Museum Tekstil Indonesia, ibu dua anak itu mencoba membatik motif Kawung di atas sehelai kain putih berukuran lebih kurang 30x30 cm.

Michelle yang mengaku baru pertama kali mengenal canting tidak tampak canggung menggoreskan ujung runcing canting tersebut walau pada mulanya ia sempat heran ketika gumpalan malam menggumpal di ujung cantingnya.

Lalu, dengan hangat Ani Yudhoyono menunjukkan cara membuat malam tersebut tidak menggumpal, yaitu dengan meniup perlahan ujung canting.

Michelle yang pada lawatan pertamanya ke Indonesia mengenakan baju panjang berwarna merah marun dan celana panjang hitam tampak terkejut ketika kemudian menerima penjelasan bahwa diperlukan waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikan sehelai kain batik tulis.

Ani yang tampil dengan kebaya dan kain biru kemudian menunjukkan sejumlah koleksi kain batik kuno koleksi Indonesia. Sekitar 10 kain batik yang dipamerkan rata-rata berusia di atas 100 tahun. Termasuk sebuah kain batik motif Parang, yang baru saja dicontoh oleh Ibu Ani.

Dengan serius Michelle mengamati motif kain yang dipamerkan sambil sesekali memuji keindahannya.

Michelle Obama malam itu membatik dengan ditemani oleh denting musik sasandau dan gerimis hujan yang mengguyur Jakarta sehingga menggagalkan rencana jumpa pers Presiden Yudhoyono dan Obama di halaman tengah komplek Istana.
(G003/A011)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010