Vaksinasi sektor transportasi mencapai 205 Ribu orang

Vaksinasi sektor transportasi mencapai 205 Ribu orang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (dua kanan), Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji (tiga kanan) saat meninjau kegiatan vaksinasi di Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD) di Bekasi, Sabtu (14/8). ANTARA/Kementerian Perhubungan.

Jakarta (ANTARA) - Kegiatan vaksinasi massal yang dilakukan Kementerian Perhubungan berkolaborasi dengan TNI, Polri, pemerintah daerah, operator transportasi, dan pemangku kepentingan terkait lainnya telah berhasil memvaksinasi sekitar 205 ribu orang.

“Hari ini luar biasa karena kami diberikan kepercayaan oleh Pangdam sebanyak 5.000 vaksin. Lebih banyak dari yang kami harapkan sebelumnya yaitu 2.000 vaksin. Itu berarti hingga hari ini sudah sekitar 205 ribu orang yang telah divaksin melalui program Kemenhub berkolaborasi dengan TNI, Polri,operator transportasi, dan stakeholder terkait lainnya,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau kegiatan vaksinasi di Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD) di Bekasi, Sabtu.

Ia mengatakan, Program Serbuan Vaksinasi di PTDI itu merupakan hasil kolaborasi antara Kemenhub dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD).

Vaksinasi tersebut menyediakan sebanyak 5.000 vaksin, yang menyasar masyarakat di Kabupaten Bekasi dan sekitarnya berusia 18 tahun ke atas.

Menhub mengatakan, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo bahwa seluruh Kementerian/Lembaga agar ikut membantu mengintensifkan vaksinasi, khususnya di wilayah aglomerasi seperti Jabodetabek.

“Tingkat partisipasi masyarakat untuk melakukan vaksin di Jakarta sekarang sudah 80-90 persen. Sementara Bekasi 26 persen dan kemarin di Depok 28 persen. Kita harus kejar ini. Kepada pak Bupati kami silakan untuk menggunakan area kampus di Bekasi ini untuk melakukan kegiatan vaksinasi bekerjasama dengan TNI/ Polri. Karena tempat ini luas dan kampus belum melaksanakan kegiatan tatap muka sehingga dapat digunakan untuk kegiatan vaksinasi,” ujarnya.

Sementara itu, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji menyampaikan terima kasih kepada Kemenhub yang telah mendukung kegiatan vaksinasi dalam upaya mempercepat penanganan COVID-19, dengan menyediakan kampus PTDI Bekasi sebagai sentra vaksinasi.

"Menurut saya tempat luar biasa karena biasanya lingkungan pendidikan memiliki fasilitas yang lengkap, sehingga prokes bisa kita jalankan dengan baik,” kata Mulyo Aji.

Pelaksana Jabatan Bupati Bekasi Dani Ramdani menyambut baik kegiatan vaksinasi yang dilakukan di wilayahnya. Menurutnya, kegiatan vaksinasi ini sangat bermanfaat karena Kabupaten Bekasi memiliki banyak kawasan industri.

"Makin banyak masyarakat yang sudah divaksin, akan mendukung pulihnya aktivitas dan mobilitas masyarakat," katanya.

Pada kesempatan ini, Kemenhub juga secara simbolis memberikan paket sembako dan buah lokal (buah nusantara) kepada para pengemudi angkot dan ojek online (ojol), serta kepada para tenaga kesehatan (nakes).

Baca juga: Kemenhub-TNI AL gelar vaksinasi di Pelabuhan Ketapang Jatim
Baca juga: Kemenhub dukung percepatan penanganan Covid-19 melalui kapal isolasi
Baca juga: Menhub: Vaksinasi di simpul transportasi bukti perhatian pemerintah

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ini saran KAI Divre II Sumbar untuk kurangi kecelakaan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar