Jakarta (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama terkesan dengan toleransi beragama di Indonesia.

Hal itu dikemukakan oleh Presiden Obama setelah mendengarkan penjelasan Imam Masjid Istiqlal KH Ali Mustafa di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu pagi.

Obama beberapa kali menganggukkan kepalanya dan tersenyum saat mendengarkan penjelasan Imam Masjid. Ia juga tampak mengulang sejumlah pernyataan Imam seakan untuk menegaskan bahwa ia tidak salah memahami.

Imam Masjid menjelaskan lokasi Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral yang terletak berhadapan sebagai salah satu simbol harmonisasi dan kerjasama antar umat beragama di Indonesia.

Ia menjelaskan kepada Obama dan istrinya di pelataran Masjid bahwa setiap terjadi perayaan Hari Raya Umat Muslim maupun Umat Nasrani, baik Masjid Istiqlal maupun Gereja Katedral bergantian meminjamkan halamannya sebagai lahan parkir.

Obama mengenakan jas berwarna gelap dan dasi biru saat tiba di Istiqlal sementara itu Michelle Obama mengenakan setelan celana panjang dan kemeja panjang berwarna hijau muda serta kerudung warna senada.Pasangan itu berada di Masjid Istiqlal kurang dari setengah jam.
(G003/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010