Jakarta (ANTARA News)- Aksi demontrasi Komite Aksi Jaminan Sosial Untuk Rakyat dan Pekerja/Buruh, Rabu, menyebabkan kemacetan di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Demonstran yang terdiri dari ribuan buruh dari sekitar wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi itu terpantau melewati Jalan MH Thamrin sejak pukul 12.00 WIB. Hingga sore kemacetan masih terpantau di sekitar jalan MH Thamrin sementara beberapa kelompok demonstran masih terlihat berdatangn ke tempat aksi.

Masa yang berjalan kaki dari Bundaran Hotel Indonsia itu datang untuk menolak revisi Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 tahun 2003 dan agar pemerintah mengesahkan rancangan undang-undang badan penyelenggara jaringan sosial.

"Masa kami terdiri dari sekitar delapan ribu orang dari wilayah Jabotabek dan Cimahi bandung," ujar Said Iqbal, Sekretaris Jenderal Komite Jaringan Sosial Untuk Rakyat dan Pekerja/Buruh, ketika ditemui Antara di tempat aksi.

"Tuntutan kami ada dua, yakni menolak revisi terhadap Undang-Undang Ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003 dan meminta pemerintah mengesahkan Undang-Undang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 40 tahun 2004 tentang sistem jaringan sosial nasional," papar Iqbal.

Media massa nasional pada beberapa hari terakhir memang mengabarkan adanya bocoran draft revisi atas UU ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003.

Iqbal juga mengabarkan, selain di Jakarta mereka juga menggelar aksi yang sama secara serempak di 15 provinsi di Indonesia. Ia menambahkan gerakan mereka di Jakarta diikuti oleh 64 perwakilan elemen buruh di tanah air.

Elemen yang turut berdemonstrasi antara lain Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia, Federasi Serikat Pekerja Badan Usaha Milik Negara, dan lain-lain.
(Ber/A038/BRT)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010